IKA Cendana Peduli Berantas Covid 19

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Ikatan Keluarga Alumni Cendana (IKA Cendana) yang merupakan organisasi terdiri dari para alumni SMA Negeri 5 Kota Bengkulu mulai dari angkatan 1979-2019 melaksanakan kegiatan IKA CENDANA PEDULI BERANTAS COVID19. Kegiatan ini didasari oleh upaya membantu masyarakat dan lainnya dalam rangka penanganan dan pencegahan COVID19 yang sekarang sedang mewabah di seluruh belahan dunia termasuk di Kota Bengkulu.

Dalam kegiatan sosial tersebut, ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu dalam melakukan promosi kesehatan dan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum, faslitas sosial dan panti-panti.

Beberapa tempat yang menjadi sasaran diantaranya Masjid Al Furqan Kelurahan Kuala Lempuing, TK Gading Cempaka Kuala lempuing, RT 15 RW 03 Kuala Lempuing, Kelurahan Pematang Gubernur RT 02 RW 01 di panti asuhan Payung Yatim, Masjid Raudhatul Jannah, Panti asuhan Tuna Netra Amal Mulia Pasar Melintang, Mushollah Mujahidin Pasar Melintang, Mushollla Mujtamiin Anggut Atas, Panti Asuhan Bumi Rafflesia Jalan Keswari Anggut Atas, Panti Asuhan Gramat Kinal Skip, serta SMA Negeri 5 Kota Bengkulu.

Koordinator IKA Cendana Peduli Berantas Covid 19, Faizal Andriansyah menjelaskan, adapun penerima manfaat langsung dari kegiatan ini adalah sebanyak lebih kurang 1000 jiwa. Selain itu, IKA CENDANA PEDULI juga mendistribusikan APD berupa baju hazmuit, sarung tangan latex dan masker sebanayak 31 paket yang diberikan ke Puskesmas yang ada di Kota Bengkulu antara lain puskesmas Lingkar Barat, puskesmas Basuki Rahmad, puskesmas Jembatan Kecil dan puskesmas Beringin Raya.

” APD tersebut diberikan ke petugas medis untuk melaksanakan kunjungan-kunjungan ke rumah warga untuk sosialisasi, pengawasan warga ODP dan kegiatan lainnya dalam rangka pencegahan dan penanganan COVID19 di Kota Bengkulu. Kita juga melakukan sosialisasi kesehatan dan penyemprotan disinfektan di tempat umum sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid 19,” ucapnya.

Pihak puskesmas menyambut baik bantuan yang diberikan IKA CENDANA karena saat ini masih mengalami keterbatasan persediaan APD yang dimiliki untuk memenuhi standar operasional prosedur penanganan wabah covid 19.

Kegiatan sosial sesama yang mulai dilaksanakan dari tanggal 6 April 2020 ini tidak terlepas dari donasi para alumni IKA CENDANA. Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan dan mendapatkan dukungan moril dan materil dari alumni sebagai bentuk kepedulian kita dalam penanganan COVID19. (Imn/Rls)