IAIN Tandatangan MOU Dengan JNU INDIA dan UNY

cinderamata IAINIAIN BENGKULU- Menindak lanjuti kunjungan IAIN Bengkulu ke INDIA pada 23 Agustus – 28 Agustus 2014 yang lalu dalam rangka membicarakan kerjasama antara dua perguruan tinggi yang ada di India yaitu Jawal Nah University (JNU) dan Aligar Muslim University (AMU). IAIN Bengkulu akhirnya resmi menandatangani MOU dengan JNU di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Bukan hanya dengan JNU, IAIN Bengkulu juga melakukan penandatanganan MOU kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sementara itu penandatanganan MOU dengan AMU dilakukan secara Online.

Dalam pertemuan tiga perguruan tinggi besar ini di Yogyakarta, membahas tentang tindak lanjut kerjasama yang telah mereka jalin. Langkah konkrit yang akan dilakukan yaitu masih seputar rencana awal yang telah mereka bicarakan. Inti dari kerjasama ini yaitu akan meliputi bidang pertukaran dosen, mahasiswa, penelitian, jurnal, teknologi dan informasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Drs. Zulkarnain S, M.Ag, yang mewakili IAIN Bengkulu dalam pertemuan ini mengatakan pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan IAIN Bengkulu ke INDIA beberapa waktu lalu. Dirinya mengatakan kerjasama antara IAIN dengan JNU dan UNY ini merupakan bukti bahwa antara perguruan tinggi tersebut akan membantu untuk mengembangkan disegala sector lini. Kerjasama ini juga nantinya menjadi wadah baru bagi IAIN Bengkulu untuk menjadi kampus terbaik di Provinsi Bengkulu.

“ Ini tindak lanjut dari kesepakatan yang telah lama kita lakukan. Hal ini sekaligus akan menjadi acuan kita untuk bergerak maju menjadi perguruan tinggi islam yang terdepan.” Kata Zulkarnain, S.

Sementara itu, ditemui diruang kerjanya Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin, M M.Ag, MH mengatakan kerjasama ini merupakan bukti spesifik pada bidang-bidang yang ingin dikolaborasikan antara perguruan tinggi ini. Dirinya mengatakan kerjasama ini nantinya tidak hanya sebatas penandatanganan namun juga akan di implementasikan secara continue.

“Selain itu juga nantinya akan ada joint research dalam berbagai disiplin ilmu yang dapat memberikan solusi untuk permasalahan yang terjadi di Indonesia umumnya dan di IAIN Bengkulu khususnya.” Imbuh Sirajuddin.

Sementara itu, selain diwakili Wakil Rektor I, ikut juga dalam pertemuan ini staf kerjasama luar negeri IAIN Bengkulu. Ikut hadir Rektor, beserta para dekan dari Jawaharlal Nehru University (JNU) India, dan Universitas Negri Yogyakarta.(Ans)