IAIN Gelar (DIKLATDAS) Korp.Sukarela (PMI)

Jpeg JpegBENGKULU BE,– Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu terus melakukan terobosan untuk mencapai visi-misinya menjadi universitas yang peduli tentang kesiagaan kesehatan, salah satu cara yang di lakukan yakni memberikan pendidikan dan  pelatihan dasar (DIKLATDAS) Korps. Sukarela Palang Merah Indonesia (PMI) di gedung Tarbiyah IAIN Bengkulu.

Pelaksanaan pelatihan tersebut di laksanakan kemarin (08/11) pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh para mahasiswa IAIN. Acara pelatihan tersebut mengangkat tema “Mencetak Generasi Relawan Berjiwa Religius Yang Siap Menghadapi Persaingan”.

Ketua pelayanan PMR PMI Bengkulu, Indari Sosiawanto, S.kep menerangkan “kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa nantinya bisa menjadi relawan – relawan muda untuk PMI di masa yang akan datang yang selalu tanggap dan peduli kepada orang-orang yang membutuhkanya.”

Indari juga menambahkan “agar kita semua harus selalu siap siaga ketika ada klien yang membutuhkan walaupun dalam keadaan darurat sekalipun, misalnya menyediakan persediaan kantong darah dari semua jenis golongan,” imbuh Indari.

Dalam penyampaian materinya Indari juga menyarankan seluruh masyarakat agar membiasakan diri untuk melakukan perawatan pasien di rumah, karena menurutnya “perawatan klien di rumah lebih efisien dilakukan, karena peran keluarga sangat mendukung dalam penyembuhan klien. Selain menghemat waktu dan tenaga, perawatan dirumah lebih bisa menghemat biaya tentunya,” ujar Indari.

Untuk hal ini besar harapan para pelajar, mahasiswa khususnya IAIN dan semua kalangan yang terlibat dalam hal pelayanan kesehatan (PMI) kepada pemerintah setempat agar suatu saat dapat  menciptakan  terobosan baru untuk membentuk sebuah wadah khusus untuk pendidikan para sukarelawan PMI. Karena seperti yang dilihat sekarang ini sangat banyak dan besar manfaat PMI bagi pelayanan kesehatan masyarakat di luar tenaga Medis ( dokter, perawat, dll ), dengan harapan suatu saat pemerintah setempat menciptakan sebuah terobosan baru mendirikan sebuah wadah yang mungkin berupa kampus khusus untuk pendidikan PMI, dengan harapan nantinya dapat membantu kegiatan PMI demi terwujudnya generasi relawan berjiwa religius yang siap menghadapi persaingan” tutup Indari.(Ans)