IAIN Bengkulu Tuan Rumah Meeting of AIUA

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pada Jumat (29/03/19) bertempat di gedung serba guna dan aula lantai tiga Rektorat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, dilaksanakan meeting of AIUA (Asian Islamic Universities Association). Pertemuan ini digelar setelah dua hari sebelumnya diadakan pembukaan dan seminar internasional. Event internasional ini dihadiri perwakilan tamu dari negara-negara di dunia.

“Dari 40 Universitas Islam dibawah kementerian agama di tanah air IAIN Bengkulu, dipercaya untuk menjadi tuan rumah kegiatan tahunan AIUA. Ini momentum penting bagi IAIN Bengkulu, dalam memperluas gaungnya sebagi Perguruan Tinggi Islam Negeri di dunia,” kata Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag., MH, dalam sambutannya saat pembukaan acara.

Perlu diketahui, kata Prof. Sirajuddin, perjuangan dan upaya yang dilakukan dengan peningkatan status IAIN sampai saat ini perjuangan yang berat dan berkat kerjasama yang baik disemua pihak.

Prof. Sirajuddin juga mengatakan ” The 10th Meeting Of AIUA ini sangat penting dalam membangun kebersamaan di tingkat asia untuk meningkatkan kualitas Universitas Islam menuju World Class University (WCU),” ucapnya.Konferensi Internasional dan pertemuan Kesepuluh AIUA ini membahas mengenai mutu pendidikan dan pengembangan perguruan tinggi Islam yang ada di negara di kawasan Asia.

Universitas Islam se-Asia kedepan terus berupaya ke arah yang lebih baik dan terus merintis semoga Asia bagian timur juga bisa bergabung,” harap Prof. Sirajuddin selaku rektor IAIN Bengkulu.Pada puncak acara International Conference dihadirkan tujuh negara diantaranya, perwakilan dari Indonesia, Malaysia, Brunai darussalam, maladewa, india, Filipina, dan Thailand.

Sebagai informasi, AIUA didirikan tahun 2015 pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-1 para Rektor Lembaga Tinggi Islam Malaysia di Riau, Indonesia. Tujuan asosiasi ini untuk membantu seluruh anggotanya dalam memperkuat perguruan tinggi Islam melalui kerja sama mutu dan mencapai distingsi internasional. Dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan menggunakan pendekatan ke-Islaman yang holistik. Inisiator berdirinya AIUA 16 perguruan tinggi yang berasal dari Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina. (Cik8/prw).