IAIN Bengkulu Jalin Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Australia

FOTO MATERI 1 HLIAIN BENGKULU– Satu lagi kerjasama Internasional yang digelar oleh Institut Agama Islan Negri (IAIN) Bengkulu. Dalam rangka mengembangkan dan memperluas jaringan kerjasama luar negeri. Setelah sekian banyak melakukan MOU dengan Universitas luar negri, kali ini IAIN Bengkulu melakukan kerjasama dengan University of Wollongong, Australia.

Pada kesempatan ini penjajakan peluang kerjasama ini dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin, M. M.Ag,MH dan Wakil Dekan 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Riswanto, M.Pd, Ph.D. Tim dari IAIN Bengkulu ini mengunjungi Australia selama satu minggu yaitu dari tanggal 7 Oktober sampai 13 Oktober 2014. Kerjasama yang terjalin antara dua perguruan tinggi ini masih seputaran peningkatan mutu akademik, seminar internasional, pertukaran mahasiswa dan dosen, dan yang lainnya.

Rektor IAIN Bengkulu melalui staf hubungan kerjasama luar negeri, M. Arif Rahman Hakim, M.Pd menyatakan bahwa penjajakan peluang kerjasama luar negeri saat ini sedang gencar dilakukan oleh IAIN Bengkulu. Hal ini dikarenakan semangat dan keseriusan Rektor IAIN untuk menjadikan kampus IAIN menjadi bertaraf internasional. Menurutnya kerjasama luar negri dapat menumbuh kembangkan IAIN Bengkulu dari segala lini. Misalnya di bagian riset, IT, pengembangan bahasa asing, dan lain sebagainya.

“Bapak Rektor memang selalu bersemangat untuk menjadikan IAIN Bengkulu ini menjadi world class university, maka dari itu kami memang selalu serius dalam menjajaki setiap peluang kerjasama internasional. Selain itu juga dengan luasnya jaringan internasional IAIN Bengkulu nantinya, kami berharap bisa mensyiarkan ajaran agama Islam yang memang menjadi ciri khas IAIN Bengkulu” kata Arif.

Sementara itu sebagai langkah awal dan follow up dari kerjasama IAIN Bengkulu dengan University of Wollongong,Australia, nantinya akan diadakannya seminar internasional pada tanggal 15 desember 2014 mendatang. Pada seminar Internasional ini para narasumber yang akan mengisi acara berasal dari kedua Universitas ini. Bukan hanya dari IAIN Bengkulu dan University of Wollongong Australia saja yang akan mengisi seminar Internasional ini. Beberapa Universitas luar negri lainnya ikut dalam seminar Internasional ini. Seperti dari National University of Singapore (NUS) dan Universiti Brunnei Darussalam (UBD).

Sementara itu kepada BE, Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin, M M.Ag, MH, mengatakan, IAIN Bengkulu tidak akan berhenti disini saja dalam melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negri. Dalam waktu dekat ini, dirinya memastikan IAIN Bengkulu juga akan melakukan MOU kerjasama dengan universitas-universitas di Thailand, Singapore, Sudan, Yordania dan USA

“ Sejauh ini IAIN Bengkulu sudah memiliki beberapa MOU dan kerjasama luar negeri dengan beberapa Negara seperti Malaysia, India, dan Brunnei Darussalam.  Dalam waktu dekat ini insya Allah kita akan menjajaki kerjasama dengan universitas-universitas di Thailand, Singapore, Sudan, Yordania dan USA” imbuhnya.(ans)