HUT RI Ke-73, Pemkot Gelar Berbagai Kegiatan

pengibaran
Pengibaran Bendera Merah Putih

 

Mulai Dari Upacara, Upacara Bendera Hingga Renungan Suci

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Upacara peringatan HUT RI Ke-73 di halaman Kantor Walikota Bengkulu, Jumat (17/08/18) berlangsung khidmat. Dalam upacara tersebut, Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun yang bertindak sebagai inspektur upacara mengajak para generasi muda mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Dalam moment yang istimewa itu, Penjabat Walikota mengajak seluruh warga dan generasi muda untuk selalu mengenang perjuangan pahlawan. Generasi muda harus selalu mengingat perjuangan para pendiri bangsa ketika merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Oleh karena itu, Penjabat Walikota mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

“Pelaksanaan upacara tahun ini dipusatkan di Benteng Marlborough, itu sangat meriah sekali dengan adanya Kirab yang memecahkan rekor Muri. Tapi Kabupaten/Kota tetap melaksanakan upacara seperti biasa. Kota Bengkulu sendiri kita sudah melaksanakan kegiatan peringatan HUT RI ini sejak 2 minggu lalu. Tentunya ini untuk mengingatkan generasi muda tentang semangat perjuangan para pahlawan. Maka dari itu generasi muda harus semangat mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang positif,” ujar Budiman Ismaun.

Menurut Budiman Ismaun, untuk mengisi kemerdekaan ini, para generasi muda harus memiliki semangat juang yang tinggi. Generasi muda juga harus meningkatkan rasa Patriotisme. Untuk itu penting untuk mengenang jasa pahlawan yang telah mengorbankan tumpah darah bahkan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, Penjabat Walikota juga mengingatkan agar generasi muda senantiasa menjaga diri dari jebakan narkoba. Sebab, jika sudah masuk dalam jeratan narkoba maka akan sulit untuk melepaskan diri.

“Isi kemerdekaan ini dengan hal yang positif, jauhi perbuatan tercela, terutama narkoba. Itu yang utama harus dijauhi. Sekali lagi, dalam momentum Kemerdekaan ini banyak hikmah yang bisa kita petik untuk kesinambungan bangsa kita. Bangsa kita harus maju, harus sejajar dengan bangsa lain, bangsa-bangsa yang sudah maju di dunia,” pungkasnya.

Upacara di halaman Kantor Walikota Bengkulu itu ikut dihadiri pula oleh seluruh Pejabat Lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu. Mulai dari Asisten Pemerintahan, Sekda Kota Bengkulu, staf ahli, Kepala OPD serta unsur FKPD lainnya. Berbagai lomba yang digelar yaitu Lomba Pemkot Idol, Senam Goyang Malabero, Lomba makan pisang saling suap berpasangan, sepak bola eksekutif dan legislatif. Beberapa lomba yang langsung berhubungan dengan masyarakat umum yaitu Lomba Gapura. Adapula Lomba Volly, Tenis Meja, Tangkap Belut, push up dan panco, futsal pakai sarung, enggrang, tarik tambang, lari kelereng, makan kerupuk, hingga parade drum band. Adapula lomba religi seperti lomba adzan dan mengkafankan jenazah, serta malam renungan suci. (ibe/prw)