HUT Lebong Digelar Sederhana

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi

LEBONG, bengkuluekspress.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebong ke-16 yang jatuh pada tanggal 18 Desember mendatang akan digelar secara sederhana. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong hanya mengagendakan 2 kegiatan, yaitu rapat paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan upacara.
Tidak adanya kegiatan yang biasanya digelar Pemkab Lebong untuk memeriahkan peringatan HUT Kabupaten Lebong, seperti bazar yang biasanya digelar 1 bulan sebelum hari H, berbagai macam perlombaan serta mengundang artis ibukota atau nasional serta kegiatan lainnya. Penyebabnya karena pandemi Covid-19 yang tengah mewabah di daerah tersebut.
Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi mengatakan, bahwa sebelumnya melalui Alokasi Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Lebong tahun 2020 telah dianggarkan dana untuk menggelar beberapa kegiatan, mulai dari kesenian, pesta rakyat, kegiatan olahraga serta yang lainnya.
“Akan tetapi sepertinya hal tersebut tidak akan dilaksanakan,” sampainya, Jumat (20/11).

Apalagi dari hasil rapat lintas sektoral penanganan covid-19 di Kabupaten Lebong, telah disepakati bahwa mulai 1 Desember 2020 mendatang, tidak diperbolehkan menggelar kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, sementara kegiatan yang rencananya akan digelar dipastikan akan mengumpulkan orang banyak.
“Seperti pesta rakyat yang mengundang artis, itu akan mengumpulkan orang banyak, sementara acara pernikahan sudah tidak diperbolehkan,” tuturnya

Untuk itulah, telah diambil kebijakan bahwa untuk memperingati HUT Kabupaten Lebong ke 16, hanya akan dilakukan kegiatan rapat paripurna dan upacara. Dimana kegiatan sendiri untuk pesertanya juga akan dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
“Jangan sampai nantinya bisa menambah klaster baru covid-19,” tutupnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*