HUT Kota Curup Untuk Pelestarian Budaya

Ary/Bengkulu Ekspress Bupati Rejang Lebong saat menghadiri dan pidato dalam paripurna istimewa DPRD Rejang Lebong dalam rangka hari jadi Kota Curup ke-138 tahun 2018 Selasa (29/5/2018) kemarin.
Ary/Bengkulu Ekspress Bupati Rejang Lebong saat menghadiri dan pidato dalam paripurna istimewa DPRD Rejang Lebong dalam rangka hari jadi Kota Curup ke-138 tahun 2018 Selasa (29/5/2018) kemarin.
Bupati Hadiri Paripurna Istimewa DPRD Rejang Lebong

CURUP, Bengkulu Ekspress – Peringatan HUT Kota Curup ke-138 tahun 2018 ini kembali akan dijadikan moment oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam pelestarian adat, budaya dan kesenian. Demikian disampaikan Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi saat paripurna istimewa DPRD Rejang Lebong dalam rangka hari jadi Kota Curup ke-138 tahun 2018.

“Momentum peringatan hari jadi Kota Curup merupkan momen dan komitmen serta kepedulian Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam pelestarian adat, budaya dan kesenian yang ada di Rejang Lebong,” terang bupati dalam paripurna yang digelar diruang rapat utama DPRD Rejang Lebong Selasa (29/5) kemarin.

paripurna istimewaDijelaskan bupati, berbagai kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Curup ke-138 akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dengan menampilkan beragam kesenian dan budaya daerah. Dimana menurut bupati kegiatan tersebut mempertunjukkan nilai-nilai seni yang hidup dan berkembang dalam masyarakat yang harus dilestariakn sebagai khasanah budaya daerah.

“Kegiatan yang dilaksanakan tersebut seperti pagelaran kesenian kecamatan, lomba lagu daerah rejang, lomba tari keje, lomba memasak, lomba bekulo, lombai pei ka ga nnga dan batik nusantara serta masih banyak perlombaan lainnya,” jelas bupati

Lebih lanjut bupati menjelaskan, kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong setoap tahunnya dalam rangka pembangunan non fisik di bidang adat, budaya dan kesenian daerah.

Oleh karena itu, bupati berharap agar kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan setelah lebaran nanti bisa diselenggarakan oleh pemerintah daerah bersama seluruh komponen masyarakat yang dapat dijadikan sebagai wahana dan saranan dalam kehidupan bermasyarakat, sekaligus membentengi diri atas pengaruh-pengaruh negatif perkembangan budaya luar, bahkan mungkin ikut mewarnai nuansa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah.

“Ada beberapa hal yang patut kita garis bawahi dalam peringatan HUT Kota Curup tahun 2018 ini,” jelas bupati

Yang pertama adalah menjadikan momentuhm hari jadi kota curups ebagai wahana reflektif untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah kita laksanakan dalam berkontribusi memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah Kabupaten Rejang Lebong.

Kemudian yang kedua adalah momentuh HUT Kota Curup ini kita dituntut untuk mengasah kepekaan dan kejelian serta kemampuan membaca persoalan-persoalan strategis yang tengah dialami oleh daerah untuk saat ini dan masa depan. “Kemudian yang ketiga atau yang terakhir yaitu mari kita jadikan HUT Kota Curup ini sebagai wahana untuk meneguhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Rejang Lebong sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kemampuan kita masing-masing,” harap bupati.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga menjelaskan, dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah melaksanakan program dan kegiatan sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2016-2021 yang merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah, kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program pernagkat daerah dan lintas pernagkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif dalam jangka waktu 5 tahun. “Adapun visi daerah dalam RPJMD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2016-2021 adalah terjuwudnya masyarakat Rejang Lebong yang sehat, cerdas, taqwa dan sejahtera,” demikian bupati.

Rapat paripurna istimewa DPRD Rejang Lebong kemarin dibuka langsung oleh Ketua DPRD Rejang Lebong, M ALi ST didampingi Wakil Ketua I dan II DPRD dan anggota DPRD Rejang Lebong lainnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten I Sekdaprov Bengkulu, Hamka Sabri, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM, Sekda Kabupaten Rejang Lebong, unur FKPD dan OPD Rejang Lebong, Ketua TP PKK dan Dharma Wanita Rejang Lebong serta sejumlah tamu undangan lainnya dari luar Rejang Lebong seperti Bupati Kepahiang dan Lebong serta perwakilan kepala daerah tetangga.(251/prw)