Hut Ke-70 Polwan

RIO/Bengkulu Ekspress
MEMUKAU: Polisi Wanita (Polwan) Polda Bengkulu menampilkan sejumlah atraksi yang memukau diantaranya mengendarai Motor Gede (Moge) dan kolone senjata dalam upacara peringatan HUT Polisi Wanita ke-70 yang di gelar di depan Mapolres Bengkulu, Senin (3/9).

Polwan Manisfetasi Pelayanan Masyarakat

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Polisi Wanita (Polwan) berlangsung di lapangan Mapolres Kota Bengkulu, Senin (3/9) sekitar pukul 07.30 WIB yang diikuti seluruh jajaran. Dalam kesempatan tersebut, yang bertindak selaku inspektur upacara Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum.

Dia mengungkapkan harapannya terhadap jajaran Polisi Wanita kedepannya yang dinilai memiliki kualitas sama dengan Polisi Laki-laki (Polki). “Selamat HUT ke-70, Dirgahayu Polisi Indonesia dimana pun saudari mengabdi. Polwan merupakan manifestasi dari pelayanan Polri kepada masyarakat, semoga kedepannya Polwan terus berkarya, sebagai penganyom, dan pelindung masyarakat,” terang Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum kemarin (3/9).

Selain itu, Coki berharap agar Polwan terus meningkatkan prestasi, konsistensi, dan komitmennya. Khususnya dalam menyukseskan agenda keamanan dan ketertiban masyarakat 2018-2019 sesuai dengan tema HUT Polwan kali ini, ‘Polwan Profesional, Modern, dan Terpercaya Siap Sukseskan Agenda Kamtibmas 2018-2019’.

“Pentingnya keberadaan Polwan di tengah masyarakat dalam meningkatkan citra Polri dan Polwan diharapkan ikut untuk menghadapi tantangan Polri yang kompleks untuk menyukseskan agenda kamtibmas,” kata Kapolda.

Ia meyakini, Polwan kedepan bisa menjadi bagian menjadi penting mewujudkan Polri yang promoter (profesional, modern, dan terpercaya dan ia menegaskan jika polisi wanita (Polwan) mempunyai pengetahuan, kemampuan, keterampilan, yang tak kalah dengan polisi laki-laki.

RIO/Bengkulu Ekspress
MEMUKAU: Polisi Wanita (Polwan) Polda Bengkulu menampilkan sejumlah atraksi yang memukau diantaranya mengendarai Motor Gede (Moge) dan kolone senjata dalam upacara peringatan HUT Polisi Wanita ke-70 yang di gelar di depan Mapolres Bengkulu, Senin (3/9).

Untuk itu, polwan harus diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk menjabat posisi strategis. “Jadi kesempatan untuk Polwan harus sama dengan polisi laki-laki, khususnya dalam mendapatkan posisi-posisi strategis, misalnya sebagai kepala satuan wilayah dan kepala satuan kerja,” ujarnya.

Kapolda pun berharap, saat perekrutan anggota Polri, kuota untuk perempuan lebih dibanyakan lagi dan lebih ditingkatkan lagi karena polwan mampu bertugas untuk melayani, mengayomi, serta melindungi masyarakat sesuai tugas yang diembannya. “Polisi bertugas melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum guna terciptanya kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dan perlindungan terhadap HAM, dan Polwan mampu melakukan tugas tersebut,” ucap Kapolda Bengkulu.

Selain itu, Coki mengungkapkan, jika Polwan memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus dan layak untuk menduduki posisi-posisi pimpinan Polri, seperti menjadi Kapolda juga nantinya. “Ini sangat mungkin terjadi apalagi polwan-polwan sekarang ini memiliki berbagai macam prestasi baik dalam menuntaskan satu kasus maupun prestasi lainnya,” tutupnya.



Berdasarkan data yang dihimpun Bengkulu Ekspress, ada beberapa Polwan yang juga mendapatkan penghargaan yakni penghargaan dalam menuntaskan sebuah kasus, menjadi pengayom masyarakat dan berprestasi dalam bidang olahraga. Dan dalam upacara ini ada juga atraksi yang ditunjukan oleh Polwan yakni Kolone atau Parade atraksi senjata oleh polwan dan Peragaan motor besar (moge) yang dilakukan oleh Dit Lantas Polda Bengkulu. (529/Prw)