HUT ke-6: OJK Mengajar dan Berbagi di Alfida

Endang/Bengkulu Ekspress Kepala OJK Bengkulu, Yan Safri berfoto bersama pelajar SMAIT Iqro' usai melakukan edukasi tentang keuangan
Endang/Bengkulu Ekspress Kepala OJK Bengkulu, Yan Safri berfoto bersama pelajar SMAIT Iqro’ usai melakukan edukasi tentang keuangan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu mengedukasi keuangan bagi pelajar, kegiatan itu dilaksanakan di SMAIT Iqro’ kota Bengkulu, sekaligus penyerahan bantuan kepada panti asuhan dibawah yayasan alfida. Kegiatan dilakukan dalam memperingati hari ulang tahun otoritas jasa keuangan ke-6.

Kegiatan itu dihadiri kepala OJK Bengkulu, Yan Safri, Kepala SMAIT Iqro’ Sutrisno MTPd serta kepala Bidang Sumber Daya Manusia Yayasan Alfida, Apriadi Haryono, M.Pd.Si, sekaligus membuka kegiatan.
Kepsek SMAIT, Sutrisno MTPd sangat mengapresiasi OJK yang telah memilih yayasan Alfida dan SMAIT iqro’ kota Bengkulu sebagai sekolah sasaran edukasi keuangan atau dikenal literasi keuangan syariah. Program ini sangat bersinergi dengan program Jaringan Sekolah Islam Terpadu.

“Kegiatan yang dibutuhkan oleh anak, guru karena banyak hal yang belum diketahui tentang investasi, perencanaan keuangan, ” katanya.

Dengan kegiatan ini para siswa dari kelas Ilmu Pengetahuan Sosial ini mampu mendapatkan ilmu yang berguna tentang keuangan syariah tersebut. Sehingga bisa merencanakan dan sudah bisa melakukan investasi.

Sementara itu, Kabid SDM Yayasan Alfida, Apriadi Haryono, M.Pd.Si menuturkan pun menyambut baik kegiatan tersebut, ” Yayasan Alfida sangat menyambut baik OJK untuk memberikan pencerahan tentang jasa keuangan,” katanya.

Menurutnya, uang sudah barang tentu sangat dibutuhkan, sehingga harus dipahami, untuk itu dengan pencerahan di sekolah, maka siswa/siswi ini dapat diajarkan bagaimana memperoleh penghasilan yang halal, baik sumber dan kegunaanya,sehingga kedepan akan memahami pemanfaatan uang. “Tak sedikit siswa SMA yang sudah mulai berinvestasi, minimal menginvestasikan uang jajanya, dan pencerahan ini dapat menghindarkan penggunaan investasi yang menjerumuskan pada hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Dengan pencerahan seperti ini, masa depan anak yang nantinya diberikan amanah dalam pengelolaan anggaran mampu menggunakan dengan baik. “Terimakasih pada OJK yang memberikan kesempatan pembelajaran ini,” ujarnya.

Kepala OJK Bengkulu, Yan safri menuturkan dalam rangka HUT OJK, ada dua kegiatan yang akan dilakukan yakni OJK mengajar dan OJK berbagi. Khusus OJK mengajar merupakan program edukasi pelajar merupakan kali pertama digelar di kota Bengkulu, kegiatan ini akan terus menjadi agenda tahunan OJK dengan menyasar sekolah-sekolah, dan akan dilanjutkan pada tahun 2018.

Edukasi keuangan pelajar ini mendapat sambutan dan antusias semua pihak baik dari pelajar juga yayasan Alfida. Para pelajar begitu antusias mempertanyakan sejumlah investasi, dan jasa keuangan, mulai dana pensiun, syarat berinvestasi, memilih MLM, hingga travel MLM dan banyak lagi.

Saat ini industri jasa keuangan bank begitu banyak, dapat berfungsi menghimpun dana masyarakat menyalurkan dana kepada masyarakat, menyediakan layanan jasa perbankan lainya. Jenisnya baik bank umum konvensional dan syariah. “Tahun depan 2018, program OJK mengajar akan diperluas” katanya.

Usai pelaksanaan OJK mengajar, dilanjutkan dengan OJK berbagi dengan menyerahkan bantuan berupa perangkat sekolah, dan kebutuhan sehari-hari dipanti dibawah naungan Yayasan Alfida. (247)