HUT ke-16 Kabupaten Kaur


Irul/Bengkulu Ekspress MAJU: Bupati Kaur Gusril Pausi saat memimpin upacara HUT Kaur ke-16 dilapangan Merdeka Kota Bintuhan, Kaur Kamis (23/5)

Terus Berbenah dan Semakin Maju

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Tanpa terasa usia Kabupaten Kaur kini sudah menginjak dewasa, dimana Kamis (23/5), Kaur berulang tahun ke-16 tahun. Pada hari puncak diadakan upacara peringatan HUT Kaur ke-16 yang dilaksanakan di lapangan Merdeka Kota Bintuhan dan betindak sebagai inspektur upacara Bupati Gusril Pausi S Sos M AP.

Bupati Kaur mengajak seluruh masyarakat Kaur untuk terus berbenah diri. Hal ini agar dapat meningkatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia, menuju Kaur mandiri dan sejahtera.

“Melalui momentum bersejarah ini, mari kita sama berbenah diri dalam mewujudkan Kabupaten Kaur yang mandiri dan sejahtera,” kata Bupati dalam sambutannya di hadapan peserta upacara peringatan HUT Kaur ke-16 dilapangan Merdeka, kemarin (23/5).

Dikatakan Bupati, ia menilai diusia ke-16 tahun Kabupaten Kaur ini sudah melakukan berbagai pembenahan dalam segala bidang sektor. Dimana dalam kurun waktu tiga tahun terakhir dibawah pimpinan Gusril Pausi S SSos M AP dan Hj Yulis Suti Sutri beberapa pembangunan yang sudah tercapai dan ada yang masih berjalan.



Lima program antara lain pertama dibidang pertanian yakni mendorong mendampingi para petani membudidayakan padi jagung dan kedelai (Panjale) seluas 45.000 hektar pemkab juga menyediakan brigade alat mesin pertanian bantusan sarana prasarana produksi (Sarpodi). Kedua yakni sektor Kesehatan pemkab Kaur sudah mengupakan peningkatan kepesertaan BPJS, sarparas Kesehatan, tenaga medis dan Akreditasi RSUD Kaur dan Puskesmas.

“Ketiga dalam bidang Pendidikan kita secara berkelanjutan memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik untuk melanjutkan pendidikan baik perguruan tinggi dalam maupun luar negeri yang saat ini terus kita lakukan melalui program beasiswa,” sampai Bupati.

Dikatakan Bupati, untuk keempat Bidang Ekonomi, pemkab Kaur memfasalitasi mendorong tumbuhnya usaha micro kecil dan menengah (UMKM) terutama berbasis potensi khas lokal dengan menyediakan gedung sentra kuliner yang berada di lapangan merdeka. Serta dalam waktu dekat akan melakukan pembangunan pasar induk terbesar di Kabupaten Kaur.

“Dimana kini kita sedang giat giatnya melakukan pembangunan bidang pariwisata beberapa titik di Kabupaten Kaur untuk menunjang perekonomian masyarakat Kaur,” terangnya.

Ditambahkan Bupati, untuk kelima dibidang pembagunan yakni bidang insfratruktur, dimana pihaknya terus melakukan perbaikan, peningkatan jalan dan jembatan, bekerja sama dengan kementrian terkait dan pemerintah provinsi Bengkulu. Belum lama ini telah dilakukan uji coba pelabuhan linau dan berhasil sehingga diyakini dalam waktu dekat akan beroprasi secara reguler. “Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat bersinergi untu memacu pembangunan menjadi lebih baik mendorong oara generasi muda dalam kemajuan Kaur kedepan,” jelasnya.

Dalam upacara HUT Kaur kemarin, yang dihadiri Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Kepala OPD, FKPD, GM Media Cetak dan Eloktronik, Kades dan masyarakat setempat itu. Juga dilakukan penyerahan alsintan kepada sejumlah kelompok petani, sekaligus penghargaan terhadap beberapa kelompok tani terbaik.

Sementara dibidang telokomunikasi dan informasi juga diberikan penghargaan salah satunya kategri penyedia layanan perluasan penyebaran telekomunikasi dan informasi masyarakat di Kabupaten Kaur dan Program Pengentasan Daerah Belum terjangkau jaringan telekomunikasi selular di Kabupaten Kaur kepada PT Telkomsel dan PT Telkom.

Selaian itu juga ada kategori Televisi Penyebar informasi pembangunan Kabupaten Kaur diberikan kepada RB TV dan BE TV serta pemberian penghargaan harian surat kabar penyebar infomasi pembangunan dan koran masuk desa kepada empat media terbesar di Kaur yakni Harian Rakyat Bengkulu, Harian Radar Kaur, Harian Bengkulu Ekspress dan Harian Radar Selatan. Dilain sisi, usai upacara, Peringatan Hut Kabupaten Kaur Ke-16 dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kaur tentang Hari Jadi Kabupaten Kaur ke-16 di Gedung DPRD Kaur.(618)