HUT Kabupaten Benteng ke-VIII Dimulai, Warga Serbu Bazar Sembako Bersubsidi

 LAUNCHING (2)
BENTENG, BE – Rangkaian kegiatan memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) ke-VIII akhirnya resmi dimulai (dilaunching) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM, di halaman Kantor Bupati, Rabu (25/5).

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak dengan dibukanya kegiatan bazar sembilan bahan pokok (Sembako) bersubsidi dengan harga yang relatif murah dan pameran produk unggulan Kabupaten Benteng.

Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari pukul 08.00-16.00 WIB di halaman belakang kantor Bupati Benteng, Rabu (25/5) kemarin dan akan berakhir pada Jumat (27/5) besok.

“Hari ini (kemarin,red) kita resmi melaunching sejumlah kegiatan yang akan dilakukan dalam memperingai HUT Kabupaten Benteng ke-VIII. Launcing sengaja dilakukan sekaligus dengan kegiatan Bazar sembako yang dihelat oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Benteng,” jelas Sekda.

Masih kata Sekda, memanfaatkan momen jelang bulan suci Ramadan tahun 2016 ini, kegiatan bazar Sembako murah dirasa merupakan salah satu langkah tepat yang dilakukan pemerintah untuk mambantu dan berbagi bersama seluruh masyarakat yang tinggal di kabupaten termuda se-Provinsi Bengkulu ini.

“Berdasarkan rapat internal yang telah kita lakukan, kagiatan bazar dan pameran ini akan dilakukan selama tiga hari. Sebab itu, kita harapkan masyarakat bisa memanfaatkan moment ini,” ungkap Sekda yang sebelumnya menjabat selaku Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Benteng ini.

Pantauan BE dilokasi bazar, pada hari pertama kemarin tampak sejumlah masyarakat sudah mulai berdatangan dan berbondong-bondong menyerbu stand milik Disperindagkop dan UMKM demi untuk mendapatkan bahan makanan kebutuhan mereka dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran (selengkapnya, lihat grafis).

Selain bazar Sembako murah, kegiatan juga dimeriahkan dengan pameran yang dilakukan oleh seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) jajaran pemkab Benteng.

Selama pameran berlangsung, masing-masing SKPD akan menampilkan sejumlah produk unggulan serta informasi kemajuan pembangunan kabupaten benteng hingga tahun 2016 ini.

“Masing-masing stand menampilkan hasil dari program pembangunan yang telah dilakukan selama ini (sejak Kabupaten Benteng berdiri), lebih khusus lagi menampilkan hasil pembangunan lima tahun terakhir, yaitu selama kepemimpinan Bupati Benteng Dr H Ferry Ramli SH MH,” ungkap Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Benteng, Drs Sunarjaya, kemarin.

Masih kata Sunarjaya, selain di belakang halaman Bupati Benteng, kegiatan bazar serupa juga akan dilakukan di tiga kecamatan lain. Sehingga, pemberian bantuan kepada masyarakat bisa dilakukan secara merata dan tersebar.

“Pasar murah seperti ini juga akan kita lakukan di kecamatan lain, diantaranya Kecamatan Pematang Tiga, Pondok Kepala dan Kecamatan Taba Penanjung,” jelas pria yang sebelumnya menjabat selaku Kepala Inspektorat Daerah (Ipda) Kabupaten Benteng ini.

Terpisah, Kepala bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Pemkab Benteng, Widiawati SH menuturkan hal serupa. Kegiatan bazar ini dilakukan berdasarkan instruksi Bupati Benteng sekedar untuk membantu meringankan beban masyarakat yang hendak membeli kebutuhan pokok jelang Ramadan.

Disampaikannya, sesuai dengan perencanaan, puncak kegiatan HUT Kabupaten Benteng akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2016 mendatang dengan melaksanakan upacara di halaman kantor Bupati. Sedangkan sehari sebelumnya akan dilaksanakan rapat paripurna istimewa di DPRD Kabupaten Benteng tanggal 23 Juni.

Selain itu, sejumlah kegiatan pertandingan olahraga akan dilaksakan jelang bulan suci Ramadan dan susudah hari raya Idul Fitri sekaligus memeriahkan peringatan HUT RI.

“Memeriahkan HUT Benteng tahun ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksakan sebelum memasuki bulan puasa. Rangkaian kegiatan meriah lainnya akan kembali kita laksanakan setelah hari lebaran,” demikian Widiawati.(135)