Hujan Semalaman, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Banjir_Tanah Patah
BENGKULU, bengkuluekspress.com – Tingginya curah hujan yang mengguyur Kota Bengkulu sejak Senin sore hingga selasa pagi, (22/03/2016), mengakibatkan beberapa lokasi di kota Bengkulu terendam banjir. Salah satunya  di Kelurahan Tanah Patah, kota Bengkulu.

Pantauan bengkuluekspress.com di lokasi banjir Kelurahan Tanah Patah,  ratusan rumah warga   terendam oleh genangan air akibat hujan semalaman.

Menurut Ujang Rahman salah seorang warga yang juga ketua Perlindungan Masyarakat (Linmas) kel. Tanah Patah, akibat hujan tadi malam ada beberapa RT dilingkungan Tanah Patah terkena dampak hujan deras tadi malam. Diantaranya berada di RT.07 16 dan Rt.17 Kelurahan Tanah Patah.

“Beberapa RT tinggi genangan air  mencapai  setengah Meter ” terangnya.

Ditambahkan Ujang,  terjadinya banjir tersebut disebabkan oleh kecilnya saluran gorong-gorong sehingga  aliran air yang begitu besar tidak tertampung. Disamping itu adanya penyumbatan saluran air yang disebabkan masyarakat  sering  buang sampah sembarangan di selokan.

Sementara itu, salah seorang warga yang menjadi korban banjir, Tris mengatakan  air menggenangi  rumahnya sekitar pukul, 22.00 tadi malam.

“Tadi malam genangan air tinggi air mencapai  satu meter,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan agar pemerintah kota Bengkulu dalam waktu dekat  melakukan pelebaran saluran air  sehingga apabila terjadi hujan deras air  air yang melewati saluran lancar sehingga tidak terjadi genangan air seperti saat ini.

Selain di Tanah Patah, banjir juga menggenangi daerah kelurahan Semarang kota Bengkulu.  Menurut Alif, salah satu warga, daerah Semarang tepatnya sebelum simpang menuju Tugu Hiu, selama ini tidak pernah kerna banjir seperti halnya Kelurahan Tanjung Agung.

Ditambahkan Alif, genangan air tersebut disebabkan curah hujan yang sangat tinggi yang terjadi tadi malam. Sementara saluran air tidak tertampang karena adanya penyempitan saluran akibat sampah dan pembangunan ruko yang ada di sepanjang jalan.(one)