Hujan, HUT Satpam Digelar di Ruangan

Kapolres Kepahiang saat memberikan potongan tumpeng kepada perwakilan Satpam pada HUT Satpam kemarinKEPAHIANG, BE – Hujan disertai angin kencang yang melanda Kepahiang sepekan terakhir ini tidak menyurutkan pelaksanaan upacara HUT ke-32 Satuan Pengamanan (Satpam). Pelaksanaan upacara HUT satpam tetap dilakukan namun pelaksanaanya di dalam ruangan aula Mapolres saja.
Pantauan BE, pelaksanaan upacara HUT Satpam ini sempat beberapa kali mengalami penundaan akibat hujan disertai angin yang turun. Waktu pelaksanaan upacara yang direncanakan dimulai pada pukul 08.00 WIB baru bisa dimulai sekitar pukul 09.00 WIb itupun pelaksanaanya dilakukan di aula Mapolres Kepahiang.
“Karena hujan, upacara di halaman Mapolres batal dilakukan dan dipindahkan ke dalam aula Mapolres,” ujar Kasat Binmas Polres Kepahiang Iptu Risdianta SH kemarin.
Dalam sambutannya Kapolres Kepahiang AKBP Sudarno SSOs MH menyampaikan moment peringatan HUT satpam ini diharapkan bisa menjadikan momentum agar kalangan Satpam untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam menjaga keamanan lingkungan. Terutama di Kepahiang saat ini merupakan daerah yang tengah tumbuh perekonomiannya sehingga perlu peran serta Satpam untuk menjaga keamanan ditempat dirinya bertugas.
“Dengan peringatan HUT Satpam ini kita harapkan Satpam bisa meningkatkan profesionalismenya dalam bertugas. Peringatan HUT Satpam ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Desember lalu, namun baru bisa dilakukan saat ini karena pada waktu bertepan dengan akhir tahun,” ujar Kapolres.
Dikatakannya, saat ini tengah disusun peraturan Kapolri tentang profesi Satpam. Dengan adanya penggodokan peraturan mengenai Satpam ini diharapkan profesionalisme Satpam bisa lebih baik.
“Akan ada peraturan Kapolri mengenai profesi Satpam ini, harapan kita ke depan Satpam bisa lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan tema HUT Satpam ke 32 kali ini yakni kita tingkatkan kompetensi profesionalisme Satpam guna mengwujudkan peran pengamanan swakarsa,” jelas Kapolres.
Adapun dalam peringatan HUT Satpam ke-32 ini turut hadir unsur muspida yakni Ketua DPRD Kepahiang, Kajari Kepahiang, Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang, perwakilan TNI, serta puluhan Satpam yang bertugas di Kabupaten Kepahiang. Selain dilakukan pengarahan dari Kapolres Kepahiang para Satpam ini juga diberikan nasi tumpeng sebagai bentuk semarak perayaan HUT Satpam ke 32 ini.(505)