Hujan Deras, Sampah Meluap

MEDI/BE – Petugas DLH kota saat membersihkan aliran drainase dekat Balai Kota Bengkulu dari tumpukan sampah yang terbawa arus pasca hujan deras, kemarin.

DLH Angkut 3 Kontainer Sampah

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Hujan deras Selasa sore membuat sejumlah tumpukan sampah yang dibuang sembarang oleh masyarakat meluap. Hal ini terjadi di drainase dekat Balai Kota. Akibatnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus bekerja ekstra untuk melakukan pembersihan, dan total sampah yang diangkut mencapai 3 bak kontainer yang merupakan limbah rumah tangga.

“Kemarin kan hujan deras, jadi sampah kiriman dari Belakang Pondok dan Pasar Minggu, ngumpul di aliran drainase ini,” kata Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH kota, Rusman Effendi SSTP MSi, kemarin (25/9).

Menurutnya, warga yang tinggal di dekat aliran drainase tersebut tampaknya sudah biasa membuang sampah sembarangan, padahal jika terus dibiarkan akan berdampak buruk, seperti terciptanya sarang penyakit, kemudian membuat aliran tersumbat dan menyebabkan banjir. “Ini sampah rumah tangga dari warga yang tinggal di pinggiran drainase ini. Saat hujan sampah ini jadi menumpuk karena terbawa arus, totalnya sekitar 3 kontainer,” jelasnya.


Dalam proses ini, pihaknya tidak langsung membuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Air Sebakul, tetapi dilakukan pemilahan terlebih dahulu, yakni memisahkan sampah plastik dengan sampah jenis lainnya. “Sampah-sampah plastik ini kita sortir dulu, dan sisanya yang memang tidak bisa dimanfaatkan lagi baru kita buang ke TPA,” ungkapnya.

Pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan agar warga tidak buang sampah sembarangan, namun sangat disayangkan upaya ini tidak seimbang dengan kecilnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Ke depan, pihaknya akan memperketat pengawasan di lapangan dengan memberlakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) sampah terhadap oknum masyarakat yang ketahuan buang sampah di tempat-tempat terlarang. “Kita berlakukan OTT terhadap oknum yang membuang sampah sembarang, dan akan ditindak sesuai hukum aturan berlaku,” pungkasnya. (805)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*