HSN, BPS Tingkatkan Profesionalisme

2
2. APRIZAL/Bengkulu Ekspress :
Usai pelaksanaan upacara peringatan HSN 2018, Kepala BPS BU Ir Marwansyah Lahate serta seluruh karyawan BPS dan petugas organik BPS maupun mitra statistik melakukan foto bersama.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Secara nasional setiap 26 September diperingati sebagai Hari Statistik Nasional (HSN). Untuk 2018 ini, HSN mengambil tema “Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa”. Tema ini seruan bagi seluruh elemen BPS untuk bekerja bersama, membangun Indonesia dengan memasyarakatkan data mengacu pada data statistik sebagai landasan setiap kegiatan. Dengan meningkatkan prfesionalisme.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bengkulu Utara Marwansyah Lahate ketika ditemui Bengkulu Ekspress, kemarin (26/9) mengatakan, peringatan HSN 2018 sesuai dengan tema, BPS Kabupaten Bengkulu Utara mengharapkan tidak hanya sekedar slogan tetapi harus ditindak lanjuti sesuai dilapangan, semua kebijakan itu sudah dituangkan dari pimpinan pusat sampai ke daerah, maka dari itu memaknai HSN tahun ini BPS Brngkulu Utara komitmen meningkatkan profesionalisme, berintegritas dan lebih amanah.

“Nilai inti dari BPS ini adalah profesional, integritas dan amanah,” kata Marwansyah.

Marwansyah menyampaikan, dalam moment ini bahwa BPS Bengkulu Utara mencoba bagaimana mengajak pelajar untuk membuat karya ilmiah. Karena menurutnya, menulis atau membuat tulisan adalah salah satu wadah dan cara dalam mengekspresikan diri, bagi seseorang yang bertujuan untuk konsumsi pribadi, lembaga hingga publik luas.

Lebih lanjut, Marwansyah menuturkan, dari kegiatan ilmiah yang digelar kemren diikuti 18 tim dari SLTA se-Kabupaten Bengkulu Utara dengan jumlah 43 peserta. Pemenang tersebut menjadi duta statistik Kabupaten Bengkulu Utara. Disamping itu juga ada berbagai macam perlombaan yang intinya menjalin keakraban sesama karayawan BPS.

“SMAN 1 Arga Makmur keluar sebagai pemenang dalam lomba karya ilmiah,” tuturnya.



Dengan adanya duta statistik Kabupaten Bengkulu Utara, Marwansyah berharap, mereka bisa membantu mensosialisasikan apa itu BPS dan apa saja yang dilakukan BPS.

“Kita sadari saat ini, masih banyak masyarakat yang belum paham dengan BPS,” terangnya.

Diakhir Marwansyah, juga menjelaskan bahwa dalam waktu dekat akan melakukan lomba cerdas cermat sederhana kepada mitra BPS. “Lomba ini hanya ditujukan kepada mitra bagaimana mereka mengenal BPS,” pungkasnya.(cw1)