Hormati Orang Tua dan Cintai Negeri

CURUP, BE – Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) mengajak para pengunjung gebyar Muharam 1434 Hijriah di Lapangan Setia Negara Curup untuk menghormati orang tua dan mencintai negara kesatuan Indonesia.  Selain itu, para pelajar yang masih berumur antara 7 hingga 13 tahun tersebut, juga mengingatkan para pengunjung lokasi gebyar Muharam untuk memaknai 1 Muharam, mengenal ciri-ciri kepemimpinan dalam Islam, memaknai peran generasi muda dalam pembangunan.

Setidaknya beberapa ajakan para siswa SD tersebut, menjadi pilihan tema yang diangkat 98 orang peserta dalam lomba pemilihan da’i cilik (Pildacil) yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB, kemarin. Ketua Penyelenggara Kegiatan, Maria Ulfa mengatakan, kegiatan yang dipelopori TP PKK Rejang Lebong itu diikuti siswa sekolah dasar dari 15 kecamatan.

Diterangkan Ulfa, penilaian Pildacil kali ini berbeda dengan penilaian peserta lomba Pildacil tahun sebelumnya. Pasalnya, item penilaian kali ini lebih ketat ketimbang penilaian pada pelaksanaan lomba Pildacil sebelumnya. “Selain adab (pakaian hingga sopan santun), kami juga melakukan penilaian terhadap artikulasi, isi ceramah, landasan atau dasar-dasar dalam ceramah yang disampaikan oleh dai cilik tersebut.  Baik yang diambil dalam Al-Quran dan Al Hadits juga menjadi poin yang sangat penting dalam penilaian ceramah agama tersebut,” ujarnya.

Kegiatan Pildacil ini, lanjut Ulfa, dinilai sangat bermanfaat bagi kalangan anak-anak dan remaja Rejang Lebong. Terlebih lagi, di era kemajuan zaman dan kemajuan teknologi seperti saat ini.  Sebab, membekali anak-anak dengan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan sejak dini, dapat menghindarkan sang anak dari pengaruh negatif dari perkembangan jaman itu sendiri.  Sehingga, tidak terjerumus ke arah lingkungan yang tidak baik.

“Kegiatan seperti ini sangat positif. Disamping dapat menumbuhkan bibit da’i baru, kegiatan ini juga dapat menjadi benteng pertahanan bagi anak untuk tetap berpegang teguh terhadap ajaran agama Islam serta mencintai seni budaya Islam,” terangnya.

Selain Pildacil, juga akan dilakukan lomba pidato remaja tingkat SMP dan SMA. “Kegiatan ini sudah diminati oleh 86 pendaftar, lombanya akan kita laksanakan usai pemilihan da’i cilik selesai dilaksanakan,” tutupnya. (999)