Honor Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 di BU Belum Dibayarkan

APRIZAL/BE
Relawan pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19 di Kabupaten BU sedang melaksanakan tugasnya. Meski berisiko tinggi, namun honor mereka belum dibayar hingga saat ini.

 

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Diketahui bahwa honor relawan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) belum dibayar selama 7 bulan dan bahkan telah memasuki bulan kedelapan. Padahal para relawan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 memiliki tugas yang sangat berat. Risiko yang mereka tanggung juga besar. Honor yang semestinya mereka terima, merupakan bentuk penghargaan atas tugas mulia tersebut.

Ketika dikonfrimasi terkait hal tersebut, Dinas Sosial Kabupaten BU, Suwanto MAP selaku stakeholder terkait dalam menangani pembayaran honor para relawan relawan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 ini mengakui, memang benar bahwa honor relawan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 Kabupaten BU sebnayak 10 orang tersebut hingga saat ini belum dibayarkan. Dan dirinya pun menuturkan tidak tahu secara pasti kenapa honor relawan ini belum juga dicairkan oleh pihak BPKAD Kabupaten BU, padahal dirinya tekah mengajukan pencairan honor tersebut di dua bulan yang lalu.
“Ya, memang benar dari awal tahun hingga saat ini honor relawan relawan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 belum dicairkan, padahal kita sudah mengajukan di dua bulan lalu kepada pihak anggaran BPKAD, mudah-mudahan dalam waktu dekat honor tersebut segera dicairkan,”ujar Suwanto.

Sementara itu, salah seorang relawan yang enggan disebut namanya, sangat kecewa terkait hal ini. Dimana honor yang seharusnya hak mereka hingga saat ini belum dicairkan. Meski demikian, dirinya bersama para relawan lainnya tetap untuk terus bersabar menunggu honor yang menjadi hak mereka dicairkan. Mereka memutuskan tidak mogok kerja dengan alasan kemanusiaan.
“Kalau dibilang kecewa, ya kecewa lah mas. Tapi kita pikir ini adalah tindakan kemanusian. Selain kami, tidak ada yang bersedia melakukan kerjaan ini,”terangnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh pihak Sekretariat Posko Satgas Covid-19 Kabupaten BU Erma Lisdayanti, bahwa 10 orang relawan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 hingga Januari belum dibayarakan hingga saat ini. Dan memang honor petugas relawan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 itu menjadi bagian dari tanggung jawab Satgas Covid-19 kabupaten. Namun, anggaran tersebut adanya di Dinas Sosial.
“Ya, betul, sampai saat ini honor mereka belum dicairkan oleh pihak Dinsos, kita harap hal ini segera diselesaikan, kasian mereka,”tukasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*