Honor Relasi Disalurkan Besok

Foto : Sekretaris KPU Benteng, Raja Sahnan SP MM

BENTENG, Bengkulu Ekspress– Tuntutan relawan demokrasi (relasi) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) agar honor mereka segera dicairkan, mendapat respon dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng. Dari hasil koordinasi, pencairan honor atau gaji sebesar Rp 700 ribu perbulan itu akan disalurkan paling cepat pada hari Rabu (8/5) besok. “Gaji para relasi akan kami salurkan,” kata Sekretaris KPU Kabupaten Benteng, Raja Sahnan SP MM, kemarin (6/5).

Dijelaskan Raja, keterlambatan pembayaran honore Relasi tersebut bukan karena unsur kesengajaan KPU, melainkan proses pengurusan administrasi pencairan memang sedikit terlambat dikarenakan berbenturan dengan kegiatan yang dihelat oleh KPU. Terutama saat rapat pleno terbuka tingkat kabupaten yang telah memakan waktu kurang lebih 3 hari 2 malam.



“Honor merupakan hak penuh dari relasi yang telah membantu kinerja KPU Benteng dalam mensukseskan Pemilu 2019. Hanya saja, pencairan anggaran tak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya ada proses dan prosedur yang mesti dilalui,” jelas Raja.

Dilansir sebelumnya, relasi yang telah berakhir masa tugasnya mengeluhkan belum mendapat kejelasan mengenai gaji terakhir mereka. Padahal, sesuai dengan kesepakatan awal, proses pembayaran honor dilakukan setiap bulan dengan syarat masing-masing Relasi harus menyampaikan laporan kegiatan sosialisasi. Baik laporan mingguan dan laporan bulanan yang disusun secara pribadi (individu).

“Yang membuat relasi kecewa adalah kurang adanya koordinasi yang baik antara KPU dengan relasi. Melalui komunikasi yang bagus, permasalahan dan emosi relasi tentu tak akan muncul,” kata Martoni, relasi dari basis keluarga.(135)