Honor dan Reward Imam Masjid serta Pemuka Agama di Bengkulu Utara Cair

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Bertempat di Balai Daerah Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Bupati BU Ir H Mian didampingi Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata SE MAP kembali menyerahkan honorarium bagi 678 orang imam masjid dan pemuka agama lainnya, Selain honorarium juga menyerahkan reward kepada 19 pengurus masjid yang menang dalam lomba kebersihan masjid.
Bupati BU Ir H Mian menyampaikan, bahwa pembagian honor yang diperuntukan bagi para imam masjid dan pemuka agama serta pemberian reward terhadap masjid-masjid yang menang dalam lomba kebersihan masjid adalah sebagai bentuk terobosan dan kepedulian serta perhatian pemerintah daerah terhadap para imam dan pemuka agama yang berada di kabupaten BU.
“Penyerahan honor dan reward ini sebagai bentuk perhatian kita, diharapkan dapat membantu bagi para imam masjid dan pemuka agama lainnya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab keseharian mereka,”kata Bupati Mian.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa peran para pemuka agama ditengah-tengah masyarakat sangatlah penting. Terkait hal tersebut dirinya meminta kepada para pemuka agama dapat berperan aktif dalam mensosialisasikan dalam upaya mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan cara mengimbau masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Para pemuka agama merupakan garis depan dalam membina masyarakat, oleh karena itu diharapkan juga dapat mensosialisasikan dalam upaya mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan cara mengimbau masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Agar tidak ada lagi peningkatan jumlah yang terpapar covid-19 di BU,”ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setdakab BU, Maman Suherman menuturkan, bahwa untuk honor atau insentif yang diterima oleh para pemuka agama ini, seperti imam, pendeta, pinandita, dan romo senilai Rp 200 ribu perbulan. Namun untuk penyalurannya pihaknya melakukan secara rapel. Selain itu juga ditahun ini ada 19 masjid yang mendapatkan reward senilai Rp 10 juta yang sebelumnya telah dinayatakn menang dalam lomba kebersihan masjid.
“Untuk tahun ini besaran honor para pemuka agama agak sedikit meningkat dari tahun sebelumnya yakni senilai Rp 200 ribu perbulan, dan kita salurkan secara rapel. Sedangkan untuk lomba kebersihan masjid diambil satu masjid disetiap kecamatan yang sebagai pemenang. Semoga honor dan reward yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi para pemuka agama dan pihak masjid,”tandasnya.(127)