Honda Vario Techno 125 PGM-FI Motor Terbaik Versi FORWOT

SETELAH melalui proses penyeleksian dan penjurian sangat ketat, Honda Vario Techno 125 PGM-FI akhirnya keluar sebagai motor terbaik versi FORWOT (Forum Wartawan Otomotif Indonesia) di ajang penghargaan FORWOT Motorcycle of the Year (FMY) 2012.

Honda Vario Techno 125 PGM-FI yang diproduksi dan dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) ini, menyisihkan 14 motor terbaru tahun 2012 dari tujuh merek yang mengikuti Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yaitu Suzuki, Kawasaki, Yamaha, KTM, Ducati dan Victory.

Skutik Honda ini berhasil meraih poin tertinggi dalam sebuah seleksi final yang melibatkan lima motor terfavorit yaitu, Kawasaki Ninja 250 FI, Suzuki Inazuma 250, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Yamaha Soul GT dan KTM Duke 200.

Ada yang sangat menarik dalam proses penjurian FMY 2012. Pada seleksi tahap awal untuk menentukan lima kandidat sepeda motor terbaik, Vario Techno 125 PGM-FI hanya bertengger di posisi ketiga dengan perolehan 11 suara di bawah Suzuki Inazuma 250 yang mendapat 13 suara.

Posisi pertama saat itu diisi oleh Kawasaki Ninja 250 dengan perolehan yang sangat tinggi yaitu 16 suara sesuai dengan prediksi banyak orang. Sementara posisi di bawah Vario Techno 125 PGM-FI dihuni oleh Yamaha Soul GT dan KTM Duke 200 yang keduanya sama-sama memperoleh 9 suara.

Namun setelah mengerucut menjadi lima kandidat yang kemudian masuk dalam proses penjuarian final, arah angin yang tadinya berpihak pada kendaraan sport premium akhirnya dikalahkan oleh berbagai faktor yang menjadi pertimbangan dewan juri yang terdiri dari 25 wartawan peliput otomotif.

Faktor fitur dan unsur keselamatan sepertinya kembali menjadi pertimbangan penting disusul oleh faktor desain, harga dan parameter lainnya yang sangat mewakili harapan masyarakat Indonesia terhadap sebuah sepeda motor yang ideal.

Ketua Umum FORWOT, Eri Haryoko, mengatakan pemilihan motor terbaik FORWOT Motorcycle of the Year ini mengacu pada kegiatan serupa di Amerika Serikat, Eropa dan Jepang.

Menurut Eri, terpilihnya Honda Vario Techno 125 PGM-FI merupakan gambaran kebutuhan masyarakat terhadap motor sebagai sarana transportasi yang tak hanya dipandang dari segi kemewahan, tapi fungsi dan fitur yang ditawarkan serta harga menjadi faktor penting dalam menjatuhkan pilihan pembelian sepada motor.

“Pemenang dipilih bukan semata-mata barang berharga mahal dan tidak perlu bermimpi panjang untuk memilikinya. Semoga ajang bergengsi yang dilakukan oleh FORWOT dapat memicu para pelaku industri otomotif roda dua di Tanah Air untuk terus berinovasi dalam menghadikan produk terbaiknya bagi konsumen,” ungkap Eri.

Sementara Jayadi selaku Ketua Dewan Juri FMY 2012 menuturkan, “Saya melihat pemilihan motor terbaik ini berlangsung sangat independen tanpa ada intervensi dari pihak mana pun. Bahkan penghitungan ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan penghitungan poin masing-masing kandidat pun harus dilakukan,” tambahnya.

Head Corporate Communication AHM Kristanto yang hadir dalam acara ini berterimakasih atas kepercayaan dan independensi para wartawan otomotif yang tergabung dalam FORWOT dalam memilih Honda Vario Techno.

“Kandidatnya berat-berat dan saya yakin memang yang terbaik. Penghargaan ini akan lebih memicu kami memberikan pelayanan dan kualitas produk yang lebih baik lagi kepada konsumen.” ujarnya.

Ini adalah kali keempat FORWOT menyelenggarakan pemilihan motor terbaik sejak tahun 2006. Saat penyelenggaraan perdana tahun itu pilihan FORWOT jatuh pada Yamaha Jupiter MX.

Di ajang yang kedua pada 2008, giliran Yamaha V-ixion keluar menjadi pemenang, dan pada 2010 pilihan jatuh pada Honda New Mega Pro sebagai motor terbaik FORWOT. Dan tahun ini FORWOT MOTY jatuh kepada Honda Vario Techno 125 PGM-FI

Penghargaan FMY 2012 diberikan di sela-sela helatan akbar Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 pada Jumat (2/11) di Jakarta Convention Center, Senayan.(MI)