Honda Kini Rajanya Skutik

Puluhan tahun terkenal sebagai raja motor bebek Indonesia, produsen Honda kini mengklaim diri sebagai raja di segmen lain yakni raja skutik Indonesia. Alasannya, Honda kini adalah penguasa pasar motor tanpa gigi di nusantara.

Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman menyatakan kalau saat ini pasar motor skutik sudah berhasil mereka kuasai.

“Market share kita di skutik sekarang 67 persen. Awalnya kita dikenal raja bebek, kini kita sudah sampai disebut sebagai raja skuter,” ungkapnya.

Dilihat dari pasar skutik, sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, total penjualan skutik Honda tumbuh signifikan sebesar 24,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yaitu dari 1.690.072 unit menjadi 2.101.605 unit.

Dengan angka ini AHM berhasil menguasai pangsa pasar 67,1% di pasar motor skutik nasional yang pada periode ini tercatat sebesar 3.129.964 unit.

Honda BeAT tercatat menjadi kontributor utama penjualan Honda dengan angka penjualan sebesar 1.042.688 unit atau meningkat 42,4% dibandingkan dengan penjualan periode yang sama tahun lalu sebesar 732.154 unit.

“BeAT menguasai 62 persen lebih dari segmennya,” lugas Loman.

Untuk memperkuat dominasi mereka, Honda pun memperkenalkan The All New Honda BeAT- FI yang dipasarkan mulai bulan Oktober 2012.

Motor yang sudah mengusung sistem injeksi ini dijual dengan harga (on the road Jakarta) Rp13,5 juta untuk varian combi brake system, Rp. 12,9 juta untuk varian cast wheel, dan Rp 12,1juta untuk varian spoke wheel.

The All New Honda BeAT- FI hadir dalam banyak varian warna untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen. Untuk varian CBS terdapat 5 pilihan warna yaitu Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Trance Blue, dan Samba Orange.

Adapun untuk varian Cast Wheel dilengkapi 6 pilihan warnanya adalah Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Groovy Blue, Disco Green, dan Samba Orange. Serta varian Spoke Wheel hadir dengan 3 pilihan warna; Techno White, Hard Rock Black, dan Electro Red. AHM menargetkan The All New Honda BeAT- FI terjual sebanyak 120.000 unit/bulan.(**)