Hingga Akhir April

Foto : IST

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong mengimbau masyarakat Rejang Lebong untuk waspada terhadap cuaca yang cukup ekstrim dalam beberapa hari terakhir. Terlebih lagi menurut Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki SSos cuaca ekstrim yaitu hujan lebat yang disertai angin serta petir diprediksi akan terus berlangsung hingga akhir April ini.

“Dari informasi yang kita terima, cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi yang disertai angin ini akan berlangsung hingga akhir April ini, sehingga kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada,” sampai Basuki.

Dijelaskan Basuki, ada beberapa potensi bencana yang bisa saja terjadi di Kabupaten Rejang Lebong dengan konsisi cuaca yang ada tersebut, potensi bencana tersebut mulai dari angin puting beliung hingga longsor. Karena memang menurut Basuki dua bencana tersebut terutama tanah longsor yang bisa saja terjadi di Kabupaten Rejang Lebong.”Yang perlu diwaspadai adalah tanah longsor, oleh karena itu untuk masyarakat yang bermukim di dekat-dekat daerah yang selama ini rawan longsor untuk lebih waspada lagi,” paparnya.

Kewaspadaan terhadap bencana tersebut, menurut Basuki sangat penting karena bisa meminimalisir dampak khususnya korban jiwa dari bencana itu sendiri.Di sisi lain, dalam mengantisipasi bencana khususnya bencana tanah longsor di Kabupaten Rejang Lebong, Basuki mengaku selain menyiagakan personil, pihaknya juga telah menyiagakan alat berat berupa loader milik BPBD Rejang Lebong. Sehingga saat dibutuhkan baik petugas maupun alatnya langsung bergerak.

“Hingga saat ini laporan longsor baru terjadi di Taba Renah kemarin, kita berharap tidak ada lagi longsor di Rejang Lebong ini,” harap Basuki.

Terkait dengan jalan yang kerap tertimbun longsor, Basuki mengaku khusus untuk jalan kabupaten tentunya akan sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihaknya bersama pihak terkait lainnya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Namun bila jalan yang rusak tersebut adalah jalan provinsi maka pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Provinsi Bengkulu, meskipun Basuki mengaku untuk penanganan awal pihak BPBD Rejang Lebong akan langsung turun meskipun jalan yang terdampak longsor adalah jalan provinsi.

“Bila ada longsor yang menutupi jalan provinsi terlebih lagi menutup akses jalan, maka kita akan langsung melakukan langkah pembersihan material longsor yang menutupi jalan, namun untuk perbaikan selanjutnya kita serahkan kepada provinsi,” demikian Basuki. (251)