Hindari Konflik Internal 24 Komisioner KPUD Dilantik

A
IST/Bengkulu Ekspress
RESMI: Para komisioner KPU Kabupaten/Kota foto bersama usai menjalani pelantikan oleh KPUD RI.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Komisi Pemilihaan Umum (KPU) RI resmi melantikan 24 orang komisioner KPUD di delapan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Pelantikan yang dilakukan di Jakarta itu, menjadi titik awal para komisoner ini dalam memegang mananah demokrasi.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM mengatakan, komisioner yang telah dilantik ini harus langsung berkerja sesuai dengan topoksinya. Hindari hal-hal yang tidak baik dalam penyelenggaraan pemilu, termasuk menghindari konflik internal yang akan terjadi.

“Ciptakan suasana yang kondusif, hindari konflik-konflik internal dalam bekerja,” tegas Irwan kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (24/6).

Dijelaskannya, semua komisioner harus saling kompak dan menjaga solidaritas. Karena dengan kekompakkan itu, maka menjadi titik awal suksesnya penyelenggaraan pemilu. Disamping itu juga, para komisioner harus langsung beradaptasi dengan suasana baru yang ada di KPU. “Kita sudah berada di tengah-tengah tahapan puncak pemilu. Mereka harus mulai kerja, jadi beradaptasi dengan kerja,” tambahnya.

Kondisi saat ini, lanjut Irwan, memang tidak ada lagi kata santai oleh semua komisioner KPU. Sebab, tahapan pemilu serentak tidak lama lagi akan digelar yaitu tahun 2019 mendatang. Untuk itu, banyak hal yang harus disiapkan untuk semua teknis pemilu. Jangan sampai nantinya, komisioner justru kelabakan untuk menghadapi pemilu serentak mendatang. “Jadi langsung kerja untuk menyusun semua teknis penyelenggaraan pemilu,” ungkap Irwan.

Dari 24 orang komisioner KPU yang dilantik, rata-rata memang banyak wajah baru. Namun ada juga yang wajah lama. Seperti di KPU Kota Bengkulu, ada dua incumbent yaitu Zaini serta Deby yang terpilih kembali bersama Martawansyah. Ditegaskan Irwan, wajah lama menjadi peluang untuk mensukseskan semua tahapan pemilu.

“Alhamdulillah ada dua incumbent yang terpilih kembali, artinya tidak ada kekhawatiran kita terhadap tahapan, sebab dua komisioner memang adalah yang masih aktif sebelumnya. Kita harapkan mereka segera membangun soliditas dan berkoordinasi dengan pihak terkait guna menyukseskan Pilkada,” tutur Irwan.

Sementara itu, dari 8 kabupaten, satu daerah yaitu Kabupaten Kuar sedang menjalani tahapan seleksi komisioner KPU.  Menurut Irwan, saat ini telah masuk tahapan seleksi tertulis dengan menggunakan sisten CAT. Rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni mendatang. “Tahapan tertulis sudah masuk, inyallah tanggal 26 Juni dilaksanakan,” tandasnya.

Berdasarkan berita acara nomor 044/SDM.12.3/BA/KPU-KAb/VI/2018, Salahuddin Al Khidir SE terpilih menjadi ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong priode 2018-2023. Hal tersebut setelah dilakukan pelantikan dan rapat Pleno di kantor pusat KPU RI kemarin (24/06).

Dengan ditunjuk dan ditetapkan sebagai ketua KPU Kabupaten Lebong yang baru, Salahuddin Al Khidir SE, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan mandat dan kepercayaan kepada dirinya menjadi ketua KPU Kabupaten Lebong yang baru priode 2018-2019. “Kami sangat berharap dukungan dari semua pihak agar kami bisa menjalankan amanat yang telah diberikan,” jelasnya, kemarin (24/06).

Ditambahkan Khidir (panggilan akrab sehari-hari), di tahun 2019 ini KPU akan menyelenggarakan Pemeilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) secara serentak, untukitulah pihaknya yang baru menjabat sebagai Komisioner KPU Kabupaten Lebong, akan berupaya semaksimal mungkin untuk lengsung beradaptasi dan bekerja. “Sehingga kita bisa menyelenggrakan Pileg dan Pilpres berjalan baik dan benar,” tuturnya.(614/151)

1