Hindari Dualisme Kepemimpinan

ISTIMEWA/Bengkulu Ekspress
LANTIK: Presiden Joko Widodo resmi melantik Dedy Ermansah sebagai Wakil Gubernur Bengkulu di Istana Merdeka, Rabu (25/9).

Wagub Resmi Dilantik Presiden

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Presiden Joko Widodo resmi melantik Dedy Ermansyah sebagai Wakil Gubernur Bengkulu sisa masa jabatan 2016-2021. Pelantikan dilakukan di Istana Merdeka disaksikan Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah dan anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

Jokowi berpesan agar Gubenur dan wakil gubernur bersinergi dalam menjalankan pemerintahan. “Presiden berpesan hindari ada dualisme kepemimpinan yang hanya tinggal 2 tahun tersebut,” kata Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi kepada BE, kemarin (25/9).

Menurut Edwar, dualisme kepemimpinan itu sering terjadi antar kepala daerah. Tidak hanya tingkat gubernur, untuk bupati dan wakil bupati juga sering terjadi. Apalagi pasangannya bukan dari pasangan awal. Mengingat Dedy sendiri menggantikan jabatan Rohidin Mersyah sebagai Wakil Gubernur, setelah Gubernur non-aktif sebelumnya Ridwan Mukti di tangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Biasanya sering terjadi, tapi kita harap hal ini tidak terjadi,” ujarnya.



Jika hal tersebut terjadi, maka akan merugikan masyarakat. Sebab, dampak dari dualisme itu pemerintahaan akan terganggu. Karena, gubernur dan wakil gubernur memiliki kepentingan yang berbeda-beda, hingga tidak sejalan pemerintahaanya. Apalagi mendekati Pemilihaan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang. Potensi kepentingan, potensi dukungan yang tidak sejalan bisa saja tidak harmonis hubungan antara gubernur dan wagub. “Jangan korbankan masyarakat, karena kepala daerahnya tidak sejalan. Program yang sudah ada, harus bisa dikerjakan cepat. Karena sudah ditunggu oleh masyarakat,” tambah Edwar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah mengatakan, siap mengemban amanah yang sudah ditugaskan dalam jabatannya sebagai Wagub Bengkulu. Mulai dari pembinaan birokrasi, pengawasan kinerja OPD hingga memastikan semua program yang teranggarkan bersama DPRD Provinsi Bengkulu bisa direalisasikan. “Tentu kita jaga dan pertanggungjawabkan amanah ini sebaik-baiknnya,” ujar Dedy.

Sinergitas kepada kinerja Gubernur tentu menjadi komitemen bersama. Mengingat jabatan wagub sendiri, berperan untuk membantu kerja gubernur dalam merealisasikan program-program yang sudah menjadi janji kempanye kapada masyarakat saat kampanye PIilkada lalu. “Sinergitas tentu kita jalankan bersama. Sehingga program-program itu bisa dijalankan,” tuturnya.

Disisi lain, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, bersama Wakil Gubernur yang baru saja dilatik, akan terus membangun sinergi dalam mengejar target pembangunan dan mengentaskan semua permasalahan di Provinsi Bengkulu Bengkulu. “Program sudah dibuat bersama, tinggal dilanjutkan,” ungkap Rohidin.

Hadirnya wagub tentu, lanjut Rohidin akan meringankan tugas pemerintahaan. Karena secara organisasi, struktur pemerintah itu telah lengkap. Gubernur dan wakil gubernur bisa sama-sama fokus dalam menyelesaikan tugasnya masing-masing. Termasuk koordinasi dengan kabupaten/kota bisa lebih baik lagi. “Sekalilagi saya ucapkan selama untuk Pak Dedy atas pelantikannya. Kedepan, tugas bersama fokus dikerjakan,” tutup Rohidin. (151)

Nama : H Dedy Ermansyah SE
TTL: Tambi Lahan Riau, 15 Juni 1971
Agama : Islam
Alamat : Jalan Seruni Tanah Patah Kota Bengkulu
PENDIDIKAN
– SD N 9 Kota Bengkulu
– SMP N 7 Kota Bengkulu
– SMA N 1 Kota Bengkulu
– Universitas Bengkulu
PENGALAMAN
– Atlet PS Bengkulu
– Anggota DPRD Kota Bengkulu 2 Periode
– Anggota DPRD Provinsi Bengkulu
– Ketua DPW Nasdem Provinsi Bengku
– Koordinator Wilayah (Korwil) Nasdem Provinsi Bengkulu (sampai sekarang)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*