Hidupkan Lagi PDAM

pdam_baruTAIS, BE- Kendati telah membentuk kepegurusan baru PDAM Kabupaten Seluma. Terhitung mulai minggu ini Pemkab Seluma menunggu rencana kerja diri PDAM Seluma. Bahkan, menjelaskan potensi bisa dimanfaatkan oleh PDAM Seluma kedepannya.

“Kita minta PDAM bisa menyampaikan akan kinerja kedepan dengan menyusun rencana kerja dan kebutuhan apa yang dibutuhkan. Hanya saja, kebutuhan tersebut haruslah dengan logika dan masuk akal,” beber Sekda Seluma Irihadi MSi kemarin.

Disampaikan Irihadi, perlengkapan yang dibutuhkan, termasuk sumber air yang akan digunakan untuk produksi air sebelum dijual kepada masyarakat di wilayah Kota Tais. Bahkan mereka harus bisa menarik calon konsumennya. Karena kalau untuk masalah jaringan, Pemkab Seluma melalui Dinas PU akan membangun tahun 2015 ini. “Kalau masalah jaringan PDAM akan diserahkan kepada Dinas PU. Tapi PDAM Tais harusnya juga membuat rancangan kegiatan akan dilakukan. Termasuk dihitung potensi pelanggan yang akan memasang PDAM,” tegas Sekda Seluma.

Menurutnya, untuk saat ini dalam APBD Kabupaten Seluma tahun 2015, Pemkab Seluma sudah menganggarkan dana sebesar Rp 1,1 milliar yang akan dihibahkan kepada PDAM. Dana ini akan dihibahkan untuk pelaksanaan operasional PDAM Tais.

Sejak 2014 lalu, PDAM Tais tidak beroperasi, kali ini g akan dihidupkan menjadi perusahaan daerah. Tapi dengan catatan harus mampu membiayai opersionalnya sendiri setelah diberikan hibah.

Selain mampu membiayai operasionalnya sendiri dan membayar gaji karyawannya. Diharapkan juga mampu untuk menyumbangkan PAD ke daerah secara terus menerus. Sehingga keberadaan PDAM Tais memang bermanfaat bagi daerah untuk perolehan PAD. “Kalau untuk membayar karyawan saja tidak mampu, kemudian tidak bisa menyumbangkan PAD, maka setelah 3tahun akan ditutup,” pungkasnya.(333)