Hidupkan Kawasan CFD

ARY/Bengkulu Ekspress
Kegiatan tarik tambang untuk memeriahkan pelaksanaan CFD di Jalan Sukowati Curup Minggu (28/10) pagi. Dispora mengajak agar OPD terkait ikut menyemarakkan CFD setiap minggunya.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Untuk menghidupkan kegiatan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Jalan Sukowati Curup, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong mengajak sejumlah Organisasi Perangkat Daerah untuk mengadakan kegiatan pada pelaksanaan CFD.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Drs Noprianto MM, kegiatan CFD yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang tersebut bukan semata untuk kegiatan olahraga, namun juga bisa dilaksanakan kegiatan sosial lainnya.

“Pelaksanaan car free day yang kita laksanakan setiap hari minggu itu tidak mesti kegiatan olahraga saja, namun juga bisa kita laksanakan kegiatan sosial lainnya,” sampai Noprianto.

Perlunya kegiatan lain dilaksanakan dilokasi car free day sendiri, menurut Noprianto sangat penting untuk menghidupkan dan meramaikan kegiatan CFD tersebut. Karena menurut Noprianto, di daerah lain pelaksanaan CFD-nya rame karena banyak kegiatan yang dilaksanakan. “Jadi kalau nanti ada yang mau main teater silahkan, jualan dan kegiatan-kegiatan lainnya sehingga kegiatan kita menjadi ramai,” sampai Noprianto.

Ia juga menjelaskan sebelumnya dalam rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong. Sekda telah meminta agar OPD terkait untuk ikut serta meramaikan kegiatan tersebut, seperti Dinas Perpustakaan Daerah dengan mobil perpustakaan kelilingnya untuk membuka taman literasi seperti yang mereka lakukan dengan komunitas muda berkarya di Lapangan Setia Negara beberapa waktu lalu.



Kemudian Dinas Perdagangan Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong bisa menghimpun pelaku-pelaku UMKM untuk menjajakan produk mereka dilokasi CFD yaitu di jalan Sukowati Curup.

Sementara itu, dari Dinas Pemuda dan Olahraga sendiri, menurut Noprianto pihaknya telah melakukan sejumlah pertandingan olahraga tradisional untuk menyemarakkan CFD. Olah raga tradisional yang mereka pertandingkan tersebut seperti tarik tambang, lomba bakiak hingga balap karung.

“Di lokasi CFD bisa kita jadikan sarana latihan untuk sejumlah komunitas, seperti saat ini komunitas panahan yang sudah mulai latihan di lapangan voli Pemkab Rejang Lebong,” sampai Nopri.

Dalam kesempatan tersebut, Nopri juga mengajak seluruh masyarakat Rejang Lebong untuk hadir dalam kegiatan CFD yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan jalan Sukowati Curup setiap minggu pagi.(251)