Hidung Ferrari F14 T Tidak Menonjol

FerrariMARANELLO – Parade peluncuran mobil baru tim-tim Formula 1 terus bergulir sepanjang akhir pekan. Paling anyar, Ferrari membuka tabir untuk memamerkannya kepada khalayak. Mereka menunjukkan desain terbaru mobil yang diberi nama F14 T, dari markas tim di Maranello, Italia, Sabtu (25/1) WIB.

Mobil tersebut adalah hasil kreasi ke-60 dari pabrikan asal Italia itu sepanjang berkompetisi di F1. Musim depan mereka mengandalkan dua juara dunia, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen.

Dari sisi livery, tak banyak yang berubah dari penampakan F14 T. Warna merah yang menjadi kebanggaan Ferrari begitu dominan seperti musim-musim sebelumnya. Dengan semangat baru, mereka siap mengakhiri paceklik gelar yang kali terakhir dipersembahkan Raikkonen pada 2007.

Mobil baru tersebut adalah yang pertama bagi Ferrari mendapatkan campur tangan technical chief James Allison yang baru datang di akhir musim lalu dari Lotus-Renault. Meski demikian, Ferrari menyebut F14 T memulai konsepnya sejak dua tahun lalu. Di bagian akhir, mereka tinggal menyesuaikan chasis dengan regulasi teknis baru untuk musim 2014.

Bagian hidung depan yang menjadi sisi paling diulas dari beberapa mobil tim lain yang sudah dirilis, terkesan biasa pada Ferrari. Ferrari tak mengadopsi model menonjol dari sayap depan seperti yang lain. Seperti bagian menukik dan langsing milik McLaren-Mercedes atau hidung terbelah layaknya dua bagian milik Lotus-Renault. Hidung F14 T justru menyatu dengan sayap depan dengan lubang melebar di atas sayap tersebut.

“Bagian sayap depan diatur 75 mm lebih langsing di tiap sisi supaya memperkecil peluang benturan dengan mobil lain dan dengan pembatas sirkuit. Perubahan tersebut mungkin yang paling berbeda dari penampakan mobil 2013, memiliki efek aerodinamis pada mobil,” demikian pernyataan kubu Ferrari dalam rilis kemarin.

Untuk sayap belakang, desain yang benar-benar berbeda dengan mobil lama diterapkan pada F14 T. Sayap belakang F14 T jauh lebih kecil.

Sehari sebelum peluncuran mobil baru tersebut, tim Ferrari menyampaikan pengumuman soal nama untuk mobil barunya, yaitu F14 T. T merupakan akrinom dari turbo.

Nama tersebut diberikan oleh fans Ferrari yang melakukan pemungutan suara atau voting melalui pesan elektronik. Satu juta surat suara memilih dan hasilnya setuju dengan nama baru tersebut.

“Senang sekali nama mobil baru Ferrari dipilih oleh fans. Kami sangat mengapresiasi dukungan mereka selama ini,” ujar Team Principal Ferrari Stefano Domenicali, seperti dilansir Associated Press.

Ferrari menyatakan terdapat 1.123 juta suara yang datang dalam pemilihan nama mobil baru tim merah tersebut. Pemilih berasal dari 208 negara. Sekitar 32,9 persen memilih F14 T. (ady/c2/ham)