HI Launching Beasiswa Akselerasi Pintar

Ist/BE
Human Initiative (HI) melaunching program beasiswa akselerasi pintar (BEASTAR) periode 2021-2022, di Universitas Dehasen Bengkulu (14/09).

BENGKULU, BE – Human Initiative (HI) melaunching program beasiswa akselerasi pintar (BEASTAR) periode 2021-202, di Universitas Dehasen Bengkulu (14/09). Dengan menaati kebijakan pemerintah terkait pandemi covid-19. Melalui program ini HI kembali menunjukkan komitmen sebagai lembaga kemanusiaan nasional yang berfokus dalam program pendidikan. Untuk membantu Pemerintah Provinsi Bengkulu memberantas angka putus sekolah bagi masyarakat Bengkulu.

Kepala HI Bengkulu Rahmad Sopian dalam sambutannya menyampaikan, “Sejak 2008, kami telah menyalurkan beasiswa ini untuk anak-anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan. Bahkan hingga hari ini sudah ratusan alumni beasiswa yang telah sukses menamatkan pendidikan mereka dan bekerja baik sebagai wirausaha, PNS. Bahkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah),”

Penerima manfaat dari BEASTAR ini sebanyak 78 siswa-siswi yatim dan dhuafa. Terdiri dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/sederajat (SMA Sederajat) yang tersebar di sekolah di Provinsi Bengkulu.
Rahmad Sopian menegaskan HI berkomitmen terus menjadi mitra program baik dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun Dinas Sosial Provinsi Bengkulu. Sebagai salah satu peran aktif lembaga dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Provinsi Bengkulu melalui Program Beasiswa BEASTAR.

Beasiswa BEASTAR hadir dalam rangka mewujudkan keadilan dalam memfasilitasi warga negara Indonesia dalam menuntut ilmu atau bersekolah. Semakin melengkapi kebijakan pemerintah yang telah banyak membuat kebijakan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan pendidikan yang layak tanpa pengecualian. Ada program KIP (Kartu Indonesia Pintar), BOS (Bantuan Opersional Sekolah), dan lainnya. Seiring dengan berjalannya kebijakan tersebut, HI sebagai salah satu lembaga kemanusiaan yang juga turut berperan aktif dalam rangka membantu masyarakat yatim dan dhuafa yang kemungkinan belum berkesempatan memperoleh bantuan dari pemerintah.

Program HI beasiswa BEASTAR inipun mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs Eri Yulian Hidayat MPd. Saat memberikan sambutan Eri Yulian mengatakan, ”Saya rasa ini salah satu kolaborasi yang baik sehingga membantu memaksimalkan kerja pemerintah.”

Menurutnya, anak-anak merupakan penerima manfaat dari program beasiswa ini calon pempimpin masa depan. Mereka perlu didorong dan diberikan dukungan, baik secara moril maupun materil agar dapat menggapai cita-cita mereka.

Dalam acara ini berkesempatan hadir pula Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Hardianto SSos. Ketika menyampaikan kata sambutannya Hadianto menyampaikan, kerja sosial adalah kerja berkesinambungan dan terus menerus hingga terwujudnya masyarakat sejahtera. Inilah yang dijadikan sebagai pedoman HI, yang sudah menjadi mitra Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, dalam rangka mengentaskan angka kemiskinan melalui berbagai program yang salah satunya adalah program beasiswa ini.

”Dinas Sosial Provinsi Bengkulu akan terus mendukung aktivitas-aktivitas sosial kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Human Initiative Bengkulu yang terus berkomintmen dalam rangka mewujudkan kemandirian bagi masyarakat yang menjadi penerima manfaat dari program Human Initiative Bengkulu,” katanya.

Launching program BEASTAR ini dihadiri oleh Kepala dan jajaran HI Bengkulu, Peserta penerima manfaat beasiswa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Perwakilan LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia), Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Donatur pemberi beasiswa, dan juga perwakilan dari Universitas Dehasen.
Acara launcing beasiswa BEASTAR berjalan dengan baik dan diakhiri dengan penyerahan donasi beasiswa dan paket sembako secara simbolik oleh Human Initiative, Donatur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris Dinas Sosial, Perwakilan LPAI, dan petinggi Universitas Dehasen Bengkulu. (Rls)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*