Hewan Kurban Mulai Diburu

sapi-qurbanBINTUHAN,BE– Menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, mulai ada beberapa penjual hewan musiman menjajakan hewan kuran  di pinggir jalan. Pasalnya hewan tersebut mulai banyak diburu pembeli, untuk berkurban. “Memang ini sudah setiap tahun menjelang hari raya korban, orang banyak mencari hewan korban seperti sapi dan kambing  paling banyak diburu,”kata Arief (42),pedagang hewan di Desa Binjai Kecamatan Kaur Selatan belum lama ini.
Arief mengaku penjualannya meningkat hingga 20 persen dibandingkan dengan beberapa pekan lalu. Harga hewan kurban  meningkat hingga menjelang hari raya Idul Adha nanti.
“Sekarang yang ada itu dibiarkan dulu, besok-besok ya tetap harus mencari ulang lagi. Sebab, semakin dekat dengan hari kurban, maka permintaan bertambah tinggi,” terangnya.
Lanjutnya, dalam sehari saja  ia bisa menjual tiga ekor kambing dengan jenis berbeda.
Dia berencana menambah  hewan kurban, baik untuk kambing dari Jawa maupun domba.
“Sekarang ini jumlah hewan kurban tersisa tinggal 19 ekor dan 15 ekor,”ungkapnya.
Hal senada juga diungkapkan penjual hewan kurban asal Desa  Parda Suka Kecamatan Maje, Mugito (37) ia mengatakan,  hingga saat ini stok kambing di tempatnya hanya sekitar 25 ekor. Per hari ia bisa menjual empat sampai enam ekor kambing, baik jenis jawa maupun domba. Menurutnya, pembeli mayoritas adalah pengguna jalan yang sedang melintas di jalur Lintas Kabupaten Kaur menuju Kota Bengkulu. Bukan hanya warga Bengkulu dan Kaur. Bahkan, ada dari  luar Provinsi seperti Lampung.  “Untuk omzetnya alhamdulillah meningkat sekitar 30 persen dari beberapa pekan lalu,” sambungnya.
Terkait harga hewan kurban ada Minggu ini masih dikisaran Rp 1,8  juta per ekor sampai Rp2,5  juta untuk Jawa dan domba Rp2,5 juta per ekor hingga Rp 3 juta. Harga tersebut akan terus mengalami kenaikan seiring dengan besarnya permintaan.