Herni Bersyukur Bisa Berobat Dengan Bermodalkan KIS Saja

Curup, Jamkesnews – Dukungan pemerintah bisa dirasakan secara nyata dengan memberikan kesejahteraan dalam bentuk perlindungan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya. Hal ini dibuktikan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Herni Vulita (34) dan keluarganya merupakan peserta yang sudah merasakan banyak kebaikan program ini.

“Alhamdulillah kami terpilih sebagai salah satu keluarga yang menerima bantuan dari pemerintah ini. Saya, suami dan ketiga anak kami ikut didaftarkan juga. Saya sangat bersyukur,” ujar wanita yang akrab disapa Herni ini (28/5).

Herni dan keluarganya tergabung dalam segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya ditanggung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Saya lupa kapan tanggal pastinya, tapi itu di tahun 2019. Ketua RT kalau nggak salah yang memberikan kartunya kepada suami saya. Katanya kami sekeluarga dapat bantuan untuk bisa berobat tanpa membayar alias gratis. Dijelaskan kepada kami kalau kami boleh berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang tertera di kartunya, tapi kami boleh juga mengganti dan memilih FKTP lain yang kami mau. Bisa ke Puskesmas atau klinik atau juga ke dokter keluarga yang ada di Kota Curup,” ujarnya.

Wanita yang sehari-harinya bekerja sebagai ibu rumah tangga ini juga mengutarakan rasa syukurnya.

“Kalau dipikir-pikir lagi kami merasa terharu bisa dibantu pemerintah. Suami saya sehari-harinya bekerja sebagai buruh bangunan. Jenis pekerjaan yang tidak bisa dipastikan apakah bisa bekerja setiap hari atau tidak. Ditambah lagi pasti pekerjaannya musiman. Belum tentu dari satu pekerjaan bangunan bisa langsung bekerja di bangunan lainnya. Tapi karena sudah didaftarkan pemerintah, kami tidak perlu khawatir lagi kalau-kalau ada anggota keluarga yang sakit. Bisa langsung berobat dengan bermodalkan kartu ini saja,” tutupnya. (RW/ds)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*