Herman, Kandidat Kuat Sekwan

KOTA MANNA, BE – Meskipun Bupati BS H Reskan Effendi SE sudah mengusulkan 3 nama calon sekwan ke unsur pimpinan DPRD BS, namun Herman Sunarya yang saat ini menjabat staf ahli mempunyai kans kuat melayani 25 anggota DPRD BS tersebut.
Pasalnya dari 3 nama yang diusulkan Bupati BS yakni Drs Ahmad Saputro MSi, Iksan Wajis SH MPd, dan Herman Sunarya, yang lebih masuk kriteria DPRD adalah Herman.
Ketua DPRD BS Susman Hadi SP didampingi oleh Waka I Gustian Armadi dan Waka II Drs Gunadi Yunir MM memang belum mau membeberkan calon sekwan itu, tetapi salah satu kriteria seorang sekwan haruslah mampu memberikan pelayanan kepada 25 anggota DPRD BS. Selain itu harus mampu menjembatani hubungan DPRD dengan Pemkab BS agar selalu harmonis dan yang paling penting dapat bersikap netral.
Dari kriteria itu bisa diketahui, jika DPRD membutuhkan sekwan yang enerjik alias masih muda, mampu melayani DPRD, dan tidak bisa terlalu berpihak kepada bupati meskipun yang bersangkutan statusnya PNS.
Ahmad Saputro bukannya tidak mampu melayani DPRD, namun diusia yang tidak muda lagi, sulit baginya mengikuti keinginan 25 anggota DPRD yang rata-rata ingin cepat dalam setiap kegiatan. Sementara itu Iksan Wajis juga bukan tidak bisa. Ia masih berjiwa muda, namun masih adanya hubungan keluarga dengan bupati akan menyulitkannya diterima oleh anggota DPRD, yang ingin sekwan itu bisa bersikap netral.
Susman sendiri mengaku jika untuk menentukan nama sekwan perlu dibahas bersama 6 fraksi di DPRD. Apakah nama-nama itu akan diterima atau ditolak tergantung pembahasan. Kalaupun ketiga nama itu ditolak, maka bupati harus kembali mengusulkan 3 nama lainnya.
“Kami belum  bisa memutuskannya sekarang, siapa yang akan kami setujui. Siapa tahu semuanya kami tolak. Karena seorang sekwan haruslah mampu memberikan pelayanan kepada 25 anggota DPRD BS. Harus mampu menjembatani hubungan DPRD dengan Pemda BS agar selalu harmonis serta bisa bersikap netral,” demikian Susman.
Sementara itu, Bupati BS H Reskan Effendi sebelumnya mengatakan silakan DPRD memilih 3 nama yang sudah diusulkan itu, kemudian disampaikan kepada dirinya siapa yang akan disetujui menjadi sekwan. Baru kemudan dirinya akan menggelar mutasi Sekwan.(369)