Hempaskan Spurs 5-2, Arsenal Naik ke Peringkat 6

Kemenangan besar dilakoni Arsenal, usai sukses menghempaskan tim tamu 5-2 pada laga Premier League pekan ke-12, di Emirates, Sabtu (17/11).  Kemenangan tersebut membuat Tim Meriam London tersebut naik ke peringkat 6 dengan nilai 19, hanya kalah 1 angka dari Everton di peringkat ke-4.

Spurs unggul lebih dulu melalui Emmanuel Adebayor pada menit ke-10. Adebayor membobol mantan klubnya itu, memanfaatkan bola hasil tembakan Jermaine Defoe yang tidak diantisipasi sempurna oleh penjaga gawang Arsenal Wojciech Szczesny.

Sayangnya, delapan menit kemudian, Adebayor mendapat kartu merah karena melanggar gelandang Santi Cazorla.

Di menit ke-24, Arsenal menyamakan kedudukan melalui Per Mertesacker.   Umpan silang yang dilepaskan Theo Walcott dari sektor kiri pertahanan Tottenham disambut dengan sundulan Mertesacker. Bola masuk sudut kiri bawah gawang tim tamu.

Tiga menit menjelang jeda, Lukas Podolski membawa Arsenal unggul 2-1.  Pada kemelut di kotak penalti, Podolski menyepak bola yang melesat masuk gawang setelah mengenai William Gallas.

Gol ketiga Arsenal diciptakan Olivier Giroud di menit ke-45+1. Umpan Santi Cazorla ke depan gawang disambut Giroud dengan sepakan keras, dan bola masuk sudut kanan bawah gawang Hugo Lloris.

Andre Villas-Boas melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Kyle Walker dan Kyle Naughton, sementara Clint Dempsey dan Michael Dawson. Meski tempo permainan tetap tinggi, namun tidak ada ancaman berarti di area pertahanan kedua tim hingga sepuluh menit pertama di babak kedua.

Arsenal berhasil menambah gol di menit ke-60. Kali ini giliran Cazorla yang mencatatkan nama di papan skor setelah menerima assist Podolski di sisi kanan pertahanan Spurs.

Dengan keunggulan yang meyakinkan, The Gunners kian percaya diri menggempur lini belakang Tottenham. Giroud kembali mengancam gawang Lloris di menit 62, tapi tendangan kaki kirinya masih tipis di atas mistar kiper Prancis tersebut.

Lloris hampir dipaksa memungut bola untuk kelima kali, tampi sepakan Walcott yang lolos dari jebakan off-side langsung ditutup Vertonghen dan Lloris sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Spurs yang ketinggalan tiga gol tidak mau menyerah begitu saja kepada rival adabi mereka. Bale berhasil memperkecil ketinggalan lewat sebuah tembakan indah dari luar kotak penalti yang gagal dibendung Szczesny.

Bale kembali menebar ancaman di area belakang Arsenal. Berawal dari serangan balik cepat, sebuah tembakan mendatar dari sisi kiri dilepaskan pemain Wales tersebut, tapi masih belum mampu mengubah kedudukan.

Aksi Walcott hampir saja menambah keunggulan buat Arsenal. Menerima umpan terobosan Arteta, kontrol bola Walcott terlalu jauh sehingga Lloris bisa dengan cepat meredam serangan.

Tidak lama kemudian, giliran Spurs yang hampir mencetak gol ketiga, andai sepakan Defoe yang meneruskan corner Bale tidak melebar si sisi gawang.

Walcott, yang sedari tadi kerap mengancam gawang Spurs, akhirnya menutup pesta gol Arsenal setelah memanfaatkan assist pemain pengganti, Alex Oxlade-Chamberlain. Skor 5-0 untuk kemenangan The Gunners bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.(**)