Helmi Menuju Lampung, PAN Siapkan Plan B

Deklarasi Calon Walikota PAN Ditunda

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan.BENGKULU, bengkuluekspress.com – Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan nampaknya benar – benar akan mengikuti kontestasi Pilkada Lampung 2018. Ia digadang – gadang akan mendampingi Calon Gubernur Incumbent, Ridho.

Menanggapi itu, Ketua DPD PAN Kota Bengkulu, Mardiyanti Taher menegaskan dirinya siap untuk maju jadi Calon Walikota menggantikan posisi Helmi jika memang diinstruksikan oleh partai.
“Insya Allah saya siap jadi Calon Walikota, jika memang diinstruksikan oleh partai,” tegas Mardiyanti saat menghadiri pembagian hadiah konveksi rakyat PAN di Sport Center Kota Bengkulu, Minggu (07/01/2017)

Sebelumnya dari pengumuman konvensi , Helmi Hasan meraih poling terbanyak, kemudian diikuti Mardiyanti sebagi posisi kedua.

Bendahara DPD PAN Kota Bengkulu Indra Sukma mengungkapkan rencana deklrasi siapa yang akan diusung oleh PAN hari terpaksa ditunda karena Helmi Hasan masih berada di luar kota Bengkulu.

“Hari ini Helmi Hasan posisinya masih di Jakarta, deklarasi pun terpaksa kita tunda sampai dua tiga hari ini. Mungkin nanti akan diumumkan di DPD atau DPW PAN,” kata Indra Sukma.

Ditambahkan Indra, SK Calon Walikota dan Wakil Walikota PAN sudah siap ditandatangani. Namu karena Helmi dipanggil untuk ke Lampung maka SK tersebut ditunda.

“Alternatif lainnya jika Helmi tidak jadi maju di Kota Bengkulu, itu ada Mardiyanti menggantikannya. Dan untuk wakilnya nanti kita serahkan pada Calon Walikota yang diusung nanti,” tambahnya.

Sementara itu, Panwil PAN Bengkulu, Benny Suharto membenarkan secara nasional Helmi Hasan diinginkan oleh incumbent Gubernur Lampung Ridho mendampinginya di Pilgub Lampung. Namun untuk keputusan serta kepastiannya saat ini PAN masih menghitung kalkulasi secara politik.

“Saat ini keputusan itu kita masih berhitung kalkulasi secara politik dan kita ada Plan A dan plan B, plan A ada konsekuensi, plan B juga ada konsekuensinya. Semua berperan PAN bagaimana semaksimal mungkin mengakomodir keinginan rakyat,” terang Benny.

Dikatakan Benny, potensi Helmi untuk menang di Lampung maupun di Kota Bengkulu sama – sama besar.
“Lampung itu potensinya luar biasa, daerahnya cukup luas, Kota Bengkulu juga demikian. Itu artinya kita sebagai kader harus memikirkannya dengan baik. Memang untuk PAN sekarang Helmi ini masih ditunggu bagaimana. Memang beliau ini diminta oleh Ketum Demokrat untuk maju di Lampung,” terang Benny.

Keputusan Helmi akan maju atau tidak di Bengkulu masih menjadi misteri. Sebab, sebelumnya saat pembukaan Rakerwil DPW PAN Provinsi Bengkulu Sabtu Sore, Ketum PAN mengisyaratkan Helmi maju kembali sebagai Calon Wali Kota Bengkulu.

“Kalau memang masih diinginkan masyarakat di Kota Bengkulu ya tetap di Kota Bengkulu,” katanya, Sabtu.
Namun pada hari Minggu dari pesan singkat yang beredar di aplikasi WA H. Helmi Hasan SE menyatakan dia pamit pada masyarakat Bengkulu dan akan maju di Pilkada Gubernur Lampung.

“Selamat tinggal Kota Bengkulu, maafkan saya untuk segala kekurangan dan kesalahan selama memimpin selama lima tahun ini, semoga Allah SWT memberikan pemimpin yang lebih baik lagi” kata pesan singkat di WA Helmi Hasan. (Dil)