Hayden Dikecewakan Perfoma Ban

BARCELONA – Nicky Hayden benar-benar menerima efek dari performa motor Desmosedici yang menjadi tunggangannya. Dalam sesi free practice, Jumat (14/6), pembalap Ducati itu hanya ada di urutan ketujuh.
Selain masalah motor, pembalap berusia 31 tahun ini juga terkendala dengan performa ban. Menurut Hayden, ban yang digunakan di sesi latihan kemarin dianggap kurang tepat.

“Ini tentu saja bukanlah hasil yang spektakuler. Namun, hasil tersebut juga bukan hasil yang bisa disebut sebagai tragedi. Masalah utamanya ada di ban,” terang Hayden seperti dilansir Crash, Sabtu (15/6).

Menurut pembalap asal Amerika Serikat (AS) itu, suhu yang tinggi di sirkuit Barcelona membuat ban cepat habis. Karena itu, dibutuhkan pemilihan ban yang tepat sesuai dengan karakter lintasan.

“Sekali saja ban bermasalah, kami juga akan bermasalah. Kami memiliki dua jenis ban yang bisa dipilih. Ini memang tidak sama dengan masa lalu di mana kita bisa memiliki pilihan lima atau enam ban,” tambah Hayden.

Nah, dengan performa di sesi latihan tersebut, Hayden tak berani untuk sesumbar lebih banyak. Menurutnya, misi untuk melaju ke podium juara di Barcelona tidak akan berjalan dengan mudah. “Mungkin hasil ini akan membawa kami ke lima besar,” tegas Hayden. (jos/jpnn)