Hattrick Ronaldo, Bawa Madrid Puncaki grup D

Cristian Ronaldo membukukan hattrick dan membawa Real Madrid menundukkan Ajax Amsterdam 4-1. Kemenangan ini membawa Real Madrid sebagai pemuncak Grup D dengan dua kali kemanangan, dengan nilai 6 point. Posisi kedua ditempati Borussia Dortmund dan ketiga ditempati Manchester City, setelah keduanya bermain imbang 1-1 di Etihad Stadium. Sementara Ajax harus berada di dasar klasemen dengan 0, hasil dua kali kalah.

Sejak menit awal Real Madrid mampu mendikte permainan. Namun, berbagai upaya yang dilakukan Madrid selalu berhasil dipatahkan barisan pertahanan Ajax.

Madrid memecah kebuntuan 3 menit sebelum turun minum. Pada menit ke-42, Karim Benzema melakukan maneuver di sebelah kiri gawang tuan rumah. Benzema kemudian melepaskan tendangan keras ke gawang Ajax. Bola sempat membentur Christian Poulsen. Akibatnya bola muntah dan disambar oleh Cristiano Ronaldo dan melepaskan tendangan kaki kanan mengarah tepat di tengah gawang Ajax. Marcelo yang telah berada di mulut gawang, meloncat untuk menghindar dan memberi peluang bola memasuki gawang. Gol 1-0.

Tiga menit setelah turun minum, Real Madrid menggandakan keunggulan lewat gol cantik Benzema. Mendapat bola di kotak penalti, Benzema melakukan tendangan akrobaktik sambil membelakangi gawang dan bola bersarang di gawang Vermeer.

Ajax berhasil memperkecil ketertinggalan di menit 55 ketika bola korner yang mengarah ke tiang jauh disundul Moisander dan membuat bola bersarang di pojok gawang Iker Casillas.

Pergantian pemain yang dilakukan Pelatih Peal Madrid membuahkan hasil maksimal. Dua pemain Madrid Sami Khedira (78) masuk menggantikan Michael Essien dan Mesut oezil (75) yang masuk menggantikan Kaka memberikan tambahan amunisi pada pasukan penyerang Real Madrid.

Terbukti, tanpa menunggu lama, gol ketiga Real Madrid berhasil dicetak Ronaldo pada menit ke-79. Umpan yang dilepaskan Benzema dari sektor kanan pertahanan Ajax ke tengah lapangan, disambut Ronaldo dengan melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang di sudut kiri atas gawang Vermeer, 3-1 untuk Madrid.

Hanya dua menit berselang, Ronaldo memperbesar keunggulan Real Madrid, 4-1. Dari tengah kotak penalti,Ronaldo melepaskan tendangan terarah ke rusuk kiri gawang Ajax dan gol. Gol tersebut tercipta berkat umpan terobosan yang dilepaskan Sami Khedira.(**)