Hati-hati Rawan Kecelakaan

BENTENG, BE – Kapolres Bengkulu Utara AKBP melalui Kapolsek Taba Penanjung Iptu Risdianta mengimbau pemudik menggunakan kendaraan untuk mudik menaati rambu lalu lintas. Serta waspada saat memacu kendaraan dijalan raya menuju kampung halaman.
Sebab tingkat kecelakaan lalu lintas akan tinggi saat arus mudik dan arus balik lebaran, bila pengendara tidak berhati-hati akan dapat menimbulkan kecelakaan yang dapat menelan korban jiwa.  “Diharapkan masyrakat yang mudik menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi untuk taat ini aturan, jangan memasakan diri untuk lebih dulu,” tegas kapolsek.
Kapolsek juga mengingatkan para pemudik yang melitas di kawasan Bengkulu Tengah terutama Gunung untuk mewaspadai kawasan rawan bencana. “Selain kecelakaan lalu lintas bebca lonsor juga harus diantisipasi dikawasan gunung,” ungkapnya.
Pihaknya juga mengerahkan pasukan untuk mejaga keamanan dikawasan gunung dengan menempatkan perosonil dipos pengamanan. Anggota tersebut juga akan melakukan patroli rutin dikawasan gunung guna menjaga kamtibmas di kawasan tersebut.  “Kita sudah mendapatkan instruksi tindakan tegas dan terukur dari Kapolda untuk ancaman kamtibmas.  Kita akan laksanakan sesuai dengan instruksi,” katanya.

Antisipasi
Disisi lain, Camat Taba Penanjung Sukmala Dewi,  berharap Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika (Dishubkominfo) Provinsi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memasang dan membangun pembatas jalan di ruas jalan liku sembilan di titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).  “Harus dipasang pembatan dititik-titik rawan longsong  terutama di Gunung,  sudah banyak kendaraan yang masuk ke jurang saat melintas di Benteng,” jelasnya.
Dia menambahkan selain itu, pelapis tebing juga sangat dibutuhkan di kawasan liku sembilan itu. Selain itu untuk menghindari longsor juga mencegah munculnya korban jiwa.  “Harapan kami nanti saat arus mudik tidak ada kabar yang tidak mengenakan. Untuk mewujudkan itu maka harus ada langkah startegis sebelum arus mudik ini digerakan lembaga terkait,” tegasnya.Tak hanya itu, dia juga berharap dinas terkait lainnya ikut ambil bagian dalam penjaminan keselamatan pengguna jalan saat melintas di Benteng. (320)