Hat-trick Tevez Antar City ke Semifinal FA Cup

tevezCarlos Tevez tampil fantastis saat Manchester City bertemu Barnsley di perempatfinal Piala FA. Dia menciptakan tiga gol plus dua assist untuk membantu timnya menang telak 5-0 dan lolos ke semifinal.

Menjamu Barnsley di Etihad Stadium, Minggu (10/3/2013) dinihari WIB, City memang tampil sangat baik. Tim besutan Roberto Mancini itu sudah unggul tiga gol di paruh pertama lewat Tevez (dua gol) dan Aleksandar Kolarov.

The Citizens mencetak dua gol tambahan di babak kedua. Tevez sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor, sementara satu gol lainnya disumbangkan oleh David Silva.

Edin Dzeko punya peluang bagus untuk membawa City unggul pada menit kesembilan. Dia menyundul umpan silang Samir Nasri dari sisi kiri, tapi bola masih sedikit melambung.

Dua menit kemudian, Tevez memecahkan kebuntuan. Berawal dari umpan matang Yaya Toure kepada Silva, Silva menyontek bola, tapi bisa ditepis kiper Luke Steele. Si kulit bundar sempat mengenai tiang dan memantul ke arah Tevez. Tanpa kesulitan, penyerang asal Argentina itu mendorong bola ke dalam gawang.

Dzeko kembali mengancam pada menit ke-24. Namun, sundulannya meneruskan sebuah tendangan sudut masih melenceng.

City menggandakan keunggulan di menit ke-27. Kolarov menuntaskan umpan matang Tevez dengan tembakan menyilang yang tak bisa diantisipasi Steele.

Berselang empat menit, tim tuan rumah mencetak gol ketiganya. Umpan pendek Silva di kotak penalti diterima Tevez, Tevez kemudian mengecoh satu bek lawan sebelum menyelesaikan aksinya dengan tembakan jarak dekat.

Tevez berpeluang membuat hat-trick pada menit ke-37. Tapi, tembakannya dari depan kotak penalti diblok Steele.

Memasuki menit ke-50, Tevez benar-benar mencetak hat-trick. Diawali pergerakan Nasri di sisi kiri, bola kemudian diumpankan ke Tevez yang berdiri di mulut gawang. Tevez tak menyia-nyiakannya dan sontekannya berbuah gol keempat City.

Barnsley bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-57, tembakan voli Jacob Mellis bisa dimentahkan Costel Pantilimon. Berselang empat menit, Pantilimon menggagalkan percobaan dari Ryan Tunnicliffe dan Mellis.

City unggul 5-0 pada menit ke-65. Silva menggiring bola dari tengah lapangan kemudian memberikannya kepada Tevez yang bergerak di sisi kanan. Setelah memasuki kotak penalti, Tevez mengembalikan bola kepada Silva. Meski tembakan pertamanya bisa diblok Steele, Silva tak gagal lagi di percobaan berikutnya.

James Milner punya kesempatan untuk mencetak gol keenam City pada menit ke-85. Namun, tembakan kerasnya digagalkan tiang gawang.

Susunan Pemain
Manchester City: Pantilimon; Zabaleta, Kolo Toure, Lescott, Kolarov; Yaya Toure, Barry; Silva (Razak 66′), Tevez (Milner 76′), Nasri (Sinclair 53′); Dzeko

Barnsley: Steele; Cranie, Kennedy, Foster, Etuhu (O’Brien 52′); Tunnicliffe, Perkins, Cywka (Mellis 52′), Dagnall (Scotland 52′); Harewood