Hat-trick Bale Bawa Spurs ke Zona Liga Champions

Aston Villa v Tottenham Hotspur - Premier LeagueTottenham Hotspur berhasil mengamankan tiga poin setelah berpesta gol ke gawang Aston Villa 4-0 di Stadion Villa Park, Kamis (27/12) dinihari WIB. Tottenham harus berterima kasih kepada Gareth Bale yang menciptakan Hat-trick di pertandingan ini.

Kemenangan tersebut membuat Tottenham untuk sementara masuk ke zona Liga Champions setelah mengumpulkan 33. Nilai Spurs -julukan Tottenham- sebenarnya sama dengan Everton dan West Bromwich Albion, tapi Tottenham unggul selisih gol.

Bagi Aston Villa, ini merupakan kekalahan telak kedua di pekan. HariĀ  Minggu lalu, Bentake Dkk, juga dibantai Chelsea, delapan gol tanpa balas.

Pertandingan cenderung lambat di babak pertama. Meski menguasai pertandingan, Tottenham jarang mendapatkan peluang.

Menit ke-11, Tottenham memperoleh peluang saat Gareth Bale melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun kiper Aston Villa Guzan berhasil menepis tembakan terukur Bale.

Guzan kembali menjadi penyelamat Spurs di menit 24. Kali ini Guzan berhasil menepis tendangan Gallas dan Defoe yang datang secara berturut-turut.

Menit ke-31, giliran Adebayor yang memperoleh peluang. Memanfaatkan sepak pojok Bale, sundulan Adebayor masih berhasil ditangkap oleh Guzan.

Di babak kedua, anak asuhan Andreas Villas Boas masih menguasai jalannya pertandingan. Setelah melancarkan sejumlah serangan, Tottonham berhasil unggul lewat kaki Jermaine Defoe di menit 58.

Gol ini berawal dari umpanĀ  Kyle Naughton kepada Defoe yang berdiri tanpa pengawalan ketat bek-bek Aston Villa. Defoe lalu melesakkan tendangan mendatar ke tiang jauh untuk mengelabui Guzan yang tampil cemerlang di babak pertama.

Tiga menit setelahnya, Tottenham memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat Gareth Bale. Berawal dari skema serangan balik, Bale mengalabui satu pemain bertahan Aston Villa yang membuatnya one on one dengan Guzan. Dengan sekali sentuhan, Bale melewati Guzan untuk kemudian menciptakan gol.

Gareth Bale betul-betul menjadi momok pertahanan Aston Villa. Pemain yang disebut sebagai jelmaan Ryan Giggs itu mencetak gol keduanya meneruskan umpan pendek Aaron Lennon.

Bale melengkapi penampilan apiknya setelah berhasil menciptakan hat-trik di menit 84. Kali ini, Bale meneruskan umpan tarik Sigrudsson untuk membobol gawang Guzan. (abu/jpnn)