Hasil Tripang di Laut Mukomuko Menjanjikan

IST/BE
salah satu hasil laut di mukomuko yaitu tripang yang menjanjikan

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com– Koperasi Alumni 89 Desa Bantal Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko menggiatkan penangkapan tripang di dasar lautan. Pasalnya, hasil penangkapan tripang sangat menjanjikan. “Penangkapan tripang jenis biota laut, sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir. Dalam satu malam didapat tripang jenis gamat atau karang seberat 100 kilo gram. Kalau
sudah diolah dan dikeringkan, dari berat 100 kilo gram menjadi 23 kilo gram.
Harga tripang kering jenis karang ini mencapai Rp 800 ribu/kg. Jadi penghasilan dari menangkap tripang bisa mencapai rata-rata Rp 18,4 juta setiap malamnya. Penghasilan bisa lebih besar jika bisa mendapatkan tripang jenis nenas, karena harga tripang jenis tersebut bisa mencapai Rp 1,7 juta/kg,” beber Ketua Koperasi Alumni 89 Desa Bantal, Mulyadi.

Adapun untuk menangkap tripang di dasar laut, pihaknya mengambil sebanyak dua orang ahli selam dari Padang, Sumatera Barat. Sebab untuk pengambilan tripang ini, tidak bisa dilakukan orang biasa.
“Untuk menangkap tripang menyelam kedalam laut tidak bisa sembarang orang.
Karena tripang itu berada di kedalaman lebih dari 5 meter. Dan proses
penyelamanpun harus menggunakan peralatan lengkap. Karena itu, kami
mengambil tenaga selam dari Sumatera Barat,” katanya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Nasyyardi mengaku mendukung kegiatan yang dilakukan Koperasi Alumni 89 Desa
Bantal. “Kita sangat mendukung. Tetapi lautan di Kabupaten Mukomuko ini tidak semuanya ada karang. Yang ada karang hanya lautan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya dan wilayah lautan di Kecamatan Air Rami. Untuk menunjang kegiatan penangkapan tripang, koperasi itu juga sudah mengajukan bantuan perahu ke dinas. Dan akan kita tindaklanjuti dengan harapan bisa terealisasi tahun 2021,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*