Hasil TPS Sementara, Erwin – Yayan Unggul di Seluma

TAIS,BE- Penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada 2020 Kabupaten Seluma telah selesai. Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan BE sebanyak 38 TPS dari total 450 TPS telah selesai melakukan penghitungan suara.

Hasilnya pasangan nomor urut 1 Suparto – Noviawan Ail mendapatkan total suara 1.129 suara. Kemudian nomor urut 2 Edison Simbolon – Khairi Yulian mendapat 2.722 suara. Dan Posisi teratas terkini didapat oleh paslon nomor urut 3, Erwin Octavian – Gustianto sebanyak 5.335 suara. Total suara yang terhitung dari 38 TPS tersebut berjumlah 9.186 suara.

Jika dipersentasekan, maka paslon Suparto – Noviawan Ail 12,29 persen, Edison Simbolon – Khairi Yulian mendapat 29,63 persen, dan Erwin Octavian- Gustianto 58,07 persen. Penghitungan ini berdasarkan hasil TPS yang ada di Kabupaten Seluma, hingga pukul 16.52 petang.

Pengitungan Sirekap Gangguan

Sementara itu penginputan hasil penghitungan suara masih dilakukan KPU Kabupaten Seluma, akan tetapi masih mengalami gangguan jaringan. Penginputan hasil perolehan suara sementara saat ini belum bisa maksimal dilakukan.

“Masih gangguan jaringan, pengitungan berlanjut” jelas Komisioner KPU Kabupaten Seluma, Henri Arianda.

/Antusias Mencoblos Ditengah Hujan

Terpisah, sekalipun diwarnai guyuran hujan hampir di seluruh wilayah di Kabupaten Seluma, sejak pukul 06.00 WIB. Hujan deras menyebabkan warga kesulitan untuk datang ke TPS, guna mencoblos kepala daerah pilihan mereka.

Kendari demikian warga tetap antusias untuk menggunakan hak pilihnya, salah satunya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Kelurahan Pasar Tais Kecamatan Seluma. Warga tampak datang mengenakan payung dan jas hujan.

“Ya kami tetap berusaha untuk memilih, semoga Bupati dan Gubernur yang saya coblos tadi dapat terpilih, dan dapat membawa perubahan,” jelas Pertiwi, salah satu warga.

Sementara itu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 3 Pasar Tais menjalankan protokol kesehatan dalam pemungutan suara dengan ketat. Warga yang datang mencoblos mengikuti prosedur berupa pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan, dan menggunakan sarung tangan.

“Kami terapkan protokol kesehatan sejak dari awal hendak masuk ke TPS, dan wajib mengenakan masker. Seandainya tidak mengenakan masker, kami juga sudah menyiapkan,” jelasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*