Hasil Tes Bisa Langsung Diketahui

BENTENG, BE – Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), mengimbau kepada seluruh tes CPNS di Bumi Maroba Kite Maju ini tidak meragukan kemurniannnya. Pasalnya, dengan sistem CAT ini,  hasil tes para peserta sudah dapat diketahui setelah pelaksanaan tes berlangsung. Sehingga, celah untuk bermain curang bagi oknum – oknum sangat sulit terjadi. Jika hasil tes tertinggi, maka sudah dapat dipastikan peserta akan melenggang bebas menjadi CPNS harus menunggu hasil tes terlalu lama. “Tahun ini, berbeda dengan tes tahun 2013 lalu. Karena, tahun 2014, peserta langsung dapat mengetahui hasil tesnya,” ujar Kepala BKPPD Benteng, Hasan Basri, SSos.
Menurut Hasan, sejauh ini, BKPPD masih menunggu nilai batasan passing grade dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Pasalnya, setiap daerah tidak sama nilai passing gradenya.  Hal itu, untuk bagian dari penentuan kelulusan para peserta tes nantinya. “Untuk batasan nilai passing grade kita belum ditentukan oleh Panselnas,” ujarnya.
Dijelaskan Hasan, bagi peserta yang masuk 10 besar nilai passing gradenya tertinggi. Namun, belum dapat menentukan kelulusan. Seperti, jika ada 10 peserta yang memiliki nilai diatas passing grade. Akan tetapi, formasinya hanya ada 3. Secara otomatis, ada 7 orang yang tidak jadi CPNS. Sehingga, perlu dilakukan perangkingan lagi.
“Hal ini, juga masih kita pertanykan kepada Panselnas,” bebernya.
Ia menambahkan, oleh sebab itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh peserta tes agar tidak mempercayai jasa calo atau pelaku yang dapat meluluskan secara curang. Sebab, dalam sisten CAT ini, kepintaran dan pengetahuan itulah yang menentukan apakah peserta dapat atau tidak menjadi CPNS. “Makanya, kita minta peserta tidak percayai calo,” tandas Hasan Basri. (111)