Hasil Rapid Test,  Tenaga Medis Bengkulu dan Warga Kaur Terpapar Covid-19

Foto IST / BE – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni didampingi Jubir Covid-19 Bengkulu Jaduliwan, saat update data perkembangan kasus Covid-19 di Bengkulu, Jumat (17/4).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dari update data perkembangan kasus Covid-19 Bengkulu, Jumat (17/4), ada dua hasil tes cepat atau rapid test yang menunjukan reaktif atau indikasi positif Corona Virus atau Covid-19.

Dari kedua orang tersebut, diakui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, satu diantaranya petugas medis Bengkulu yang berada di fasilitas kesehatan yang merupakan warga kota Bengkulu.

“Dari dua hasil rapid test yang reaktif tadi, salah satu karyawan /pegawai kita berjenis kelamin perempuan berisinal LH yang bekerja di fasilitas kesehatan (Faskes),” ungkap Herwan didampingi Jubir Covid-19 Bengkulu Jaduliwan, Jumat (17/4).

Dijelaskan Herwan, jadi tim gugus melaksanakan rapid tes terhadap 34 orang tenaga kesehatan yang mendapatkan prioritas untuk pemeriksaan rapid test. Setelah dilakukan rapid test, ternyata ada satu yang reaktif yakni LH.

“Maka langsung diambil Swab karena prosedur setiap hasil reaktif harus diambil swab untuk dikirim ke BBLK Palembang dan yang bersangkutan harus melakukan isolasi mandiri di rumah terlebih dahulu,” ujar Herwan.

Masih kata Herwan, ketika yang bersangkutan tidak bergejala, maka dia harus melaksanakan isolasi mandiri di rumah dan termasuk rekan nanti rekan -rekan yang lain.

Menurut Herwan, pihaknya saat ini akan melakukan skrining perjalanan termasuk nanti dan akan melakukan penelusuran riwayat perjalanan dari LH baik di tempat kerja ataupun riwayat berpergian di dalam kota maupun luar kota.

“Ini akan dilakukan segera untuk memastikan mendapatkan informasi dari hasil kontak traking yang mungkin besok akan kita lakukan,” pungkasnya.

Sementara itu tambah Herwan, untuk hasil rapid test yang reaktif yang satu lagi berasal dari warga Kabupaten Kaur dengan jenis kelamin laki-laki berisnisial AQ yang pernah dengan riwayat perjalanan dari Kota Bengkulu.

Saat ini, AQ menjalani perawatan di RS Hasanudin Damrah Manna dan telah diambil spesimen untuk dikirim ke BBLK Palembang. (HBN)