Hasil Musrenbang ke Forum CSR

Ketua Pokja Monitoring, Evaluasi dan Pengendalian Forum CSR, Hertoni Agus Satria SE

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berencana mengoptimalkan bantuan dana CSR perusahaan.Yaitu, melalui Forum CSR yang telah resmi terbentuk beberapa waktu lalu.

Ketua Pokja Monitoring, Evaluasi dan Pengendalian Forum CSR, Hertoni Agus Satria SE mengatakan, Pemda Benteng akan menyerahkan daftar prioritas usulan masyarakat yang tertuang dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Benteng. Dengan harapan, usulan masyarakat bisa direalisasikan dengan menggunakan dana CSR yang berasal dari perusahaan.

Sebab, selama ini usulan masyarakat belum bisa dikabulkan secara serentak akibat kondisi dana APBD yang terbatas.”Hasil Musrenbang nanti akan diserahkan ke forum CSR. Selanjutnya, forum CSR akan menyampaikannya kepada perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Benteng,” ungkap Hertoni.

Jika memang memungkinkan, kata Hertoni, dana CSR dari salah satu perusahaan bisa digunakan untuk membangun jembatan, pembukaan badan jalan, pengadaan tiang listrik ataupun kegiatan lain yang benar-benar diharapkan oleh masyarakat.

“Melalui forum CSR, penyaluran dana CSR akan lebih terorganisir dan transparan. Sehingga, tak ada lagi oknum yang memanfaatkan dana CSR untuk kepentingan pribadi,” tegas Toni.

Pria yang juga menjabat Kabid Perencanaan Barenlitbang Kabupaten Benteng ini menyampaikan, penyaluran dana CSR telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda).

Dimana, setiap perusahaan yang berbadan hukum, baik itu PT ataupun CV wajib menyerahkan dana CSR sebesar 0,06 persen dari laba (keuntungan,red) pertahun.”Kabupaten Benteng memiliki banyak perusahaan, dimulai dari perusahaan batu bara, sawit, karet dan lainnya. Bahkan, usaha kandang ayam dan galian C juga wajib berkonstribusi. Harapan kami, dana CSR bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Hertoni.(135)