Hasil Bedah Rumah Terbakar

kebakaran di Desa Dusun SawahCURUP UTARA, BE – Rumah hasil program bedah rumah yang dibangun tahun 2009 di Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara, sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu kemarin (9/6), terbakar. Beruntung kebakaran tidak menyebabkan seluruh bagian rumah yang dihuni Rosla (65) -seorang lansia- sampai ludes terbakar karena warga segera memberikan pertolongan untuk memadamkan api.
Hanya saja, korban tetap mengalami kerugian ditaksir jutaan rupiah lantaran harta benda seperti 2 kaleng beras, tempat tidur, pakaian serta benda berharga lainnya telah menjadi arang karena ikut terbakar. “Waktu kejadian saya sedang ke sawah, untuk menjadi buruh upah. Tiba-tiba ada yang bilang rumah saya terbakar, jadi saya pulang. Kalau tahu akan terjadi peristiwa seperti ini saya tidak akan ke sawah,” tutur Rosla yang hidup menyendiri di rumah miliknya tersebut.
Sementara itu, kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa April 2013 lalu, Herawati ditemui di lokasi kejadian menerangkan, rumah yang dibangun pemerintah lewat program bedah rumah tersebut sengaja tidak ditempati oleh Rosla dengan alasan takut. Oleh anak dan cucunya, Rosla kemudian dibuatkan rumah sambung berbentuk panggung berukuran 4 x 4 meter dengan dinding dan lantai terbuat bidai bambu. “Di rumah panggung itulah Rosla memilih tinggal, dan menyimpan barang berharga miliknya. Alasannya tidak menempati rumah permanen karena takut sendirian,” tuturnya.
Api yang membakar seluruh bagian rumah sambung milik Rosla tersebut, diduga berasal dari tunggu perapian tempat dimana Rosla memasak kebutuhan sehari-hari. “Karena lantai bidang dari bambu, lama-kelamaan rapuh oleh panas sehingga lantai jebol. Bara api yang masih menyala di tungku masak membakar kayu bakar yang disimpan dibawah bangunan panggung sehingga membesar,” terang Herawati lagi.
Kebakaran tersebut juga sempat membakar bangunan rumah milik Inung (40) yang tidak lain tetangga sang nenek. Untungnya api sudah segera diketahui warga sehingga beramai-ramai berupaya memadamkan api menggunakan peralatan seadanya tanpa bantuan petugas pemadam kebakaran. (999)