Harimau Mangsa Anjing dan Kambing

SELUMA UTARA, Bengkulu Ekspress – Untuk kesekian kalinya Harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae masuk ke pemukiman warga di Kabupaten Seluma. Kali ini, harimau yang biasa dipanggil dengan sebutan Setuo oleh masyarakat Seluma itu memasuki Dusun Sukamaju, Desa Talang Beringin, Kecamatan Seluma Utara. Hewan peliharaa warga desa setempat anjing dan kambing sudah dimangsa harimau itu.

”Harimau ini sudah memangsa kambing milik warga sebanyak tiga ekor, serta anjing dua ekor. Kita berharap agar Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bisa memasang perangkap segera. Karena warga di dusun ini sudah resah dengan kemunculan harimau,” kata Warga Kecamatan Seluma Utara, Yos Sudarso, SP, MSi kepada Bengkulu Ekspress.

Anggota DPRD Seluma ini juga menerangkan, harimau itu sudah muncul sejak beberapa hari lalu. Kondisi itu membat masyarakat di Dusun Sukamaju menjadi khawatir dan enggan pergi ke kebun mereka. Lantaran takut diserang binatang buas tersebut. Terlebih harimau tersebut pernah terlihat berada di pondok kebun milik salah seorang masyarakat Dusun Sukamaju Desa Talang Beringin. Harimau itu merusak pagar, dan meninggalkan jejak di sekitar lokasi kebun.

Ternyata, selain di Dusun Sukamaju, Harimau tersebut juga kerap menampakkan dirinya di Dusun Batu Ampar. Kedua dusun yang masih sama-sama berada di daerah pedalaman.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala BKSDA Wilayah II Seluma Darwis Sarahih, SH belum berhasil dihubungi. Beberapa kali nomor handphonenya dihubungi tidak diangkat. (333)