Harian Bengkulu Ekspress Terverifikasi Dewan Pers

BENGKULU, Bengkulu Ekspress-Harian Bengkulu Ekspress (BE) sudah terverifikasi faktual dan administrasi oleh dewan pers pada tanggal 25 Januari 2018 oleh Dewan Pers lalu. Terverifikasinya Harian BE itu bisa dilihat di website https://dewanpers.or.id/perusahaan.

Disitu nantinya akan muncul nama-nama perusahaan media di Bengkulu yang sudah terverifikasi secara administrasi dan faktual.

Untuk Harian Bengkulu Ekspress sendiri, tercatat secara jelas, baik itu alamat perusahaan medianya, yaitu di Graha Bengkulu Ekspress Jl. Jati No. 129 Simpang Skip Kota Bengkulu nomor telephon (0736) 20409. Lalu untuk media onlinenya juga dicantumkan dengan nama www.bengkuluekspress.com. “Alhamdulilah, media kita sudah terverifikasi dengan baik oleh Dewan Pers,” ujar Pimpinan Redaksi Harian BE, Iyud Dwi Mursito, kemarin (31/10.

Verifikasi faktual tersebut merupakan tindaklanjut dari verifikasi administrasi yang sudah dilakukan Dewan Pers tahun lalu. Dengan telah terverifikasi di dewan pers, Harian Bengkulu Ekspress terus konsisten dan berkomitmen menyajikan berita berkualitas dan terpercaya, sehingga menjaga kepercayaan masyarakat maraknya serbuan berita hoax atau informasi bohong yang dibuat seolah-olah sebagai karya jurnalistik. “Ini menjadi motivasi redaksi

Bengkulu Ekspress, untuk terus menyuguhkan berita-berita sehat dan bermutu,” tegasnya.
Berkat itu semua, Harian Bengkulu Ekspress (BE) akan mendapatkan penghargaan Indonesia Print Media Award (IPMA) tahun 2018 sebagai surat kabar harian terbaik regional Sumatera. Penghargaa itu diberikan atas penilaian dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Indonesia, yang dilakukan dalam satu tahun sekali. Rencananya, penghargaan ini akan diberikan pada tanggal 7 Februari di Balloom Hotel Marcure Kota Padang Provinsi Sumatera Berat.

“Trophy penghargaan akan diberikan langsung oleh Ketua SPS pusat Dahlan Iskan,” ujar Staf Corporate Komunikasi SPS Pusat Dwi Hartomo.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh dewan juri cukup detail. Masing-masing surat kabar, akan dinilai dari masing-masing cover atau muka surat kabar. Dari cover itu akan dinilai lagi terkait aspek komunikasi masa, foto dan aspek brending serta beberapa aspek lainnya. Hasil itu membuktikan, bahwa koran BE masuk dalam katagori penilaian terbaik. Penghargaan dari SPS itu terbagai dari regional Sumatera, regional Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulauwesi, Maluku dan Papua. “Semua dinilai oleh dewan juri. Jadi tidak sembarangan untuk menilai,” tutur Dwi.

Tidak hanya dari katagori IPMA, SPS juga memberikan penghargaan untuk katagori Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMa), Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA) dan Indonesia Young Readers Awards (IYRA). Dwi menuturkan, tahun lalu penghargaan itu diberikan di pulau Jawa, namun untuk tahun ini di pilih Sumatera sebagai lokasi pemberian penghargaan. “Setiap tahun akan berganti siapa pemenangan dan lokasi pemberiaan penghargaan,” pungkasnya. (151)