Hari Pahlawan, Wawali Ajak Anak Bangsa Teladani Sifat Kepahlawanan

Juga Peringati Hari Kesehatan Nasional

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam rangka peringatan hari pahlawan yang ke -70, yang jatuh pada hari ini, (10/11/2015), Pemerintah Kota Bengkulu, mengajak semua anak bangsa untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran, serta patriotik. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda dalam sambutannya pada saat menjadi inspektur upacara peringatan  hari pahlawan di halaman Kantor pemerintah Kota Bengkulu.

“Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antarumat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antarpelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya. Untuk itu,  kita perlu membangkitkan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan pada diri kita,” ujarnya.

 

Selain memperingati hari pahlawan, hari ini juga Pemerintah Kota Bengkulu juga memperingati  Hari Kesehatan Nasional yang ke – 51. Pada momentum tersebut  Wakil Walikota juga mengajak warga untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Mari kita renungkan kembali upaya-upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagaimana tujuan pembangunan kesehatan yang kita harapkan,” ajaknya.

Ditambahkannya, generasi cinta sehat siap membangun negeri, harus dimaknai secara lebih luas, yaitu pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. “Sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidup manusia sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat,”.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama,  Pemerintah Kota Bengkulu juga memberikan penghargaan kepada dokter teladan, Puskesmas Pembantu berprestasi, Duta Anti Tembakau tingkat SMA dan SMP, serta pemberian akta kelahiran gratis kepada anak yatim.

tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut  Wakil Walikota, Ketua DPRD Kota Bengkulu dan FKPD  Kota Bengkulu, pejabat eselon II dan III, serta para veteran, menyempatkan untuk melakukan proses tabur bunga di Makam Pahlawan Balai Buntar. Acara tabur bunga ditandai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah di makamkan di Taman Makam Pahlawan. (Andri)