Hari Pahlawan, Ini Tantangan Bagi Pahlawan Masa Kini

Letkol Arh. Osmar Silalahi
Letkol Arh. Osmar Silalahi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Momentum Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November seakan menjadi ‘self reminder’ bagi semua rakyat Indonesia, mengingatkan betapa beratnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Dahulu, dengan senjata seadanya, para pejuang mempertaruhkan seluruh jiwa raganya untuk membebaskan Indonesia dari tangan penjajah. Tak terhitung jumlah tetesan air mata dan tetesan darah yang tertumpah di medan perang demi membebaskan diri dari penderitaan panjang hidup dalam penjajahan.

Hari ini, Jumat 10 November 2017, Hari Pahlawan kembali di peringati. Dalam tema Perkokoh Persatuan Pembangunan Negeri, Dandim 0407 Letkol Arh. Osmar Silalahi mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa berjuang dalam mengisi kemerdekaan.

Meski kini tak mungkin lagi mengacungkan bambu runcing untuk mengusir penjajah, Letkol Arh. Osmar Silalahi menjelaskan bahwa semua orang tetap bisa menjadi pahlawan.

“Pahlawan masa kini ya kita mengisi pembangunan sesuai dengan bidang kita masing-masing. Kalau kita tentara apa tugas kita, kalau awak media tugasnya memberitakan terutama yang sifatnya membangun. Kita harus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif itu,” tutur Letkol Arh. Osmar Silalahi.

Menurut Letkol Arh. Osmar Silalahi, perjuangan pahlawan masa kini juga tidak kalah berat dibanding pahlawan-pahlawan terdahulu. Jika pahlawan masa lalu berjuang keras melawan penjajah, maka pahlawan masa kini harus lebih teliti karena banyak musuh yang tak terlihat.

“Kita tidak bertempur lagi dengan musuh seperti pahlawan jaman dahulu, perjuangan yang kita hadapi sekarang jauh lebih berat dari yang dihadapi para pendahulu kita. Dulu mereka jelas melawan penjajah, kulitnya beda wajahnya beda. Tetapi kita sekarang, seperti yang dikatakan Panglima kami, Panglima TNI, bahwa sekarang itu ada yang namanya proxy war, musuh kita tidak terlihat tapi ada dimana-mana. Musuh kita menggunakan pihak lain untuk menghancurkan negara kita,” jelasnya.

Untuk itu, Letkol Arh. Osmar Silalahi menghimbau agar semua lapisan masyarakat, terutama generasi masa kini, pahlawan masa kini dapat senantiasa kuat dan bersatu demi kedaulatan negara.

“Kita harus kuat, kita harus bersatu supaya negara kita tetap eksis selama dunia ini ada,” pungkasnya. (ibe)