Hari Libur, Dukcapil Rejang Lebong Tetap Buka

 

Ary/BE
Kantor Dinas Dukcapil Rejang Lebong yang ada di Kelurahan Talang Rimbo Lama tetap membuka pelayanan dihari libur sebelum pelaksanaan Pilkada serentak 2020

 

CURUP, bengkuluekspress.com-Dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 pada 9 Desember ini. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong tetap membuka pelayanan di hari libur.
Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Ikhwan S menjelaskan tetap dibukanya layananan di Dinas Dukcapil saat libur tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el agar mereka bisa menggunakan hak pilih. Karena salah satu syarat untuk bisa memberikan hak pilih adalah memiliki KTP-el.
“Hari libur yang kita tetap buka yaitu Sabtu, Minggu dan Rabu pada hari H pelaksanaan Pilkada serentak 2020,” terang Ikhwan.

Dibukanya pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el saat hari libur menjelang Pilkada serentak 2020 tersebut, menurut Ikhwan erupakan intruksi dari pemerintah pusat dengan tujuan untuk mengejar target kepemilikan dokumen untuk menjaga hak pilih masyarakat.
“Kita buka dihari libur ini bukan hanya minggu ini saja namun dari minggu sebelumnya,” tambah Ikhwan.

Disisi lain ia juga mengungkapkan, untuk memaksimalkan perekaman dan pencetakan KTP-el menjelang Pilkada serentak 2020 ini. Dinas Dukcapil Rejang Lebong telah elakukan kegiatan jemput bola dengan membukan pelayanan di beberapa kecamatan yang warganya banyak belum melakukan perekaman data. Kegiatan tersebut mereka laksanakan pada tanggl 29 November sampai 2 Desember lalu dan bekerjasama dengan petugas dari KPU Rejang Lebong.
Kegiatan jemput bola tersebut mereka laksanakan dilima kecamatan, yaitu masyarakatnya yang sudah masuk dalam DPT namun belum melakukan perekaman yaitu di Kecamatan Curup Timur, Selupu Rejang, Sindang Beliti Ulu, Bermani Ulu Raya dan Bermani Ulu dengan jumlah sebanyak 676 orang.
“Dari kegiatan jemput bola yang kita laksanakan tersebut, selain mereka yang sudah masuk DPT, kami juga menemukan warga yang belum melakukan rekaman data dan juga belum masuk DPT dan semuanya kami layani untuk perekaman,” papar Ikhwan.

Menurut Ikhwan, berdasarkan data yang dimiliki oleh KPU Rejang Lebong, masih ada sebanyak 916 orang pemilih yang sudah masuk dalam DPT namun belum melakukan perekaman data KTP. Namun setelah mereka lakukan pengecekan ternyata sebanyak 222 orang pemilih sudah melakukan perekaman data sehingga yang tersisa masih ada sebanyak 694 pemilih.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*